( batik biru) Sekretaris Dewan Nasional Konvensi Rakyat Partai Perindo, Heri Budianto berfoto bersama Pahrudin, analis politik dan dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Nurdin Hamzah (UNH) Jambi.

Keprisatu.com – Partai Persatuan Indonesia (Perindo) bertekad untuk terus membangun partisipasi masyarakat dalam menyongsong Pemilu 2024. Di bawah kepemimpinan Ketua Umum Hary Tanoesoedibjo, partai ini pun melakukan gebrakan berupa penjaringan bakal calon anggota legislatif secara digital melalui Konvensi Rakyat.

Terobosan strategis ini juga efektif menarik animo masyarakat di seluruh Indonesia. Bahkan, Sekretaris Dewan Nasional Konvensi Rakyat Partai Perindo Heri Budianto mengungkapkan dalam waktu 2 bulan sejak dibuka, sudah ada 150 orang yang mendaftar.

“Dua bulan kita buka Konvensi Rakyat sudah ada 150 orang yang mendaftar untuk jadi caleg DPR RI dari Partai Perindo,” ujar Heri di Yello Hotel, Kota Jambi.

Heri menjelaskan para calon yang mendaftar caleg DPR RI tersebut tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Alhamdulillah, sejak dibuka banyak yang tertarik ikut serta. Itu belum dibuka secara umum, baru DPW saja,” jelasnya.

Heri berharap, para tokoh dan figur masyarakat di seluruh wilayah Tanah Air tertarik bergabung mengikuti Konvensi Rakyat Partai Perindo. Saat ini, Partai Perindo membuka peluang itu seluas-luasnya.

“Bila ini terwujud, bisa menambah perolehan kursi kedepannya. Bagi yang ingin mendaftar silahkan melalui www.konvensirakyat.com,” imbuhnya.

Adapun Ketua DPW Partai Perindo Provinsi Jambi, Hendri Attan menegaskan konvensi rakyat yang digelar partainya tanpa mahar politik. Perindo bahkan akan membantu kekurangan dari peserta konvensi rakyat tersebut.

“Saya tegaskan, selama membuka konvensi rakyat. Tanpa mahar. Justru kita dorong untuk mereka maju,” katanya sembari mengungkapkan target perolehan saat Pemilu mendatang ialah setiap kabupaten dan kota ialah satu fraksi dan di tingkat provinsi meraih tiga kursi DPRD.

Ajang Konvensi Rakyat Partai Perindo ini juga diapresiasi oleh akademisi dan pengamat politik Jambi, Pahrudin. Dipaparkannya, Konvensi Rakyat Partai Perindo dapat membangun sistem demokrasi partai politik menjadi lebih menarik bagi masyarakat banyak untuk ikut membangun daerahnya masing-masing.

“Dengan konvensi rakyat ini membuka peluang bagi siapa saja, tidak untuk afiliasi politik tertentu, tidak afiliasi agama, suku dan sebagainya. Semuanya bisa masuk dan sekali lagi apa yang dilakukan Partai Perindo sesuatu yang positif bagi iklim demokrasi di Indonesia,” kata Dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Nurdin Hamzah (UNH) Jambi ini.

Selain itu, masyarakat dari berbagai wilayah Indonesia diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk menjadi calon anggota legislatif, dari kawasan Sumatera, Papua, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Bali dan Nusa Tenggara.

“Dengan membuka kesempatan kepada siapa saja mungkin di daerah-daerah yang selama ini tidak terjangkau, ada tokoh-tokoh yang memiliki ide-ide, potensial yang untuk membangun daerahnya itu, saat ini bisa tercover,” tuturnya.

Dia menilai Konvensi Rakyat Partai Perindo memberikan peluang bagi putra-putri terbaik Indonesia di daerah masing-masing untuk bersama-sama memajukan negeri ini melalui partai politik, khususnya Partai Perindo. (KS15)