KONI Kepri.
Pengurus KONI Provinsi Kepri mengikuti pertemuan virtual dengan KONI pusat, Kamis (4/2/2021).

Keprisatu.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)Provinsi Kepri mengaminkan arahan KONI Pusat untuk tetap menggelar kegiatan olaraga. Namun syarat kegiatan kompetisi tetap dapat terselenggara, tentu dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Ketua KONI Provinsi Kepri Usep RS bersama pengurus lainnya, Kamis (4/2/2021) mengikuti pertemuan virtual dengan Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman.

Dalam pengarahannya, Marciano kepada pengurus KONI provinsi agar segera dan tetap menggelar kegiatan olaraga. Pengurus KONI Kepri, pun mengaminkan arahan tersebut.

BACA JUGA: KONI Pusat Minta KONI Provinsi Berkoordinasi  Satgas dan Polda

Menanggapi pandemi covid-19 yang tidak ada yang mengetahui kapan berakhir, Marciano mengajak untuk menemukan solusi olahraga di daerah. “Tidak bisa kita berdiam diri karena covid-19 justru harus mencari solusi,” tegasnya.

Dia meminta kepada KONI daerah untuk mencari solusi bagaimana kegiatan olahraga dapat dapat tetap terlaksana.

Untuk itu, Dia meminta KONI Provinsi segera berkoordinasi dengan cabor di daerah. Menurutnya, kegiatan kompetisi tetap dapat terselenggara, tentu dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan tanpa penonton. Tak lupa, Marciano mengingatkan agar KONI Provinsi menjaga hubungan baik dengan Satgas covid-19 dan Kepolisian setempat.

Para perwakilan dari KONI Provinsi termasuk dari Provinsi Kepri yang hadir dalam pertemuan virtual, juga menyatakan keinginannya untuk kembali menggelar kegiatan olahraga.

Sebab atlet di daerah yang ada di Indonesia kabarnya sudah tak sabar ingin bertanding dan berharap Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun ini tidak ditunda kembali.

KONI Pusat saat menggelar pertemuan dengan pengurus KONI Provinsi, Kamis (4/2/2021).

Berharap Kemudahan dari Satgas Covid-19  

Sekum KONI Papua Kenius Kogoya menyampaikan kesulitan dalam mempersiapkan atlet pada PON XX di Papua. Ia mengaku kesulitan menggelar try out dengan provinsi lainnya. “Berharap mendapat kemudahan-kemudahan dari pihak Satgas covid-19 dan Polda setempat,” harapnya.

Keinginan menggelar kegiatan olahraga kembali juga diutarakan provinsi lainnya. Dalam rangka dapat menggelar kegiatan olahraga di masa pandemi, beberapa KONI Provinsi berharap KONI Pusat dalam membuat panduan pelaksanaannya. “Kami membutuhkan panduan dari KONI Pusat untuk melaksanakan event olahraga,” terang Ketua Umum KONI Sulawesi Selatan Ellong Tjandra.

Di sisi lain, ada beberapa daerah yang tetap menggelar Pelatda dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat seperti Aceh dan Jawa Tengah. “Sentralisasi memperkecil klaster baru, seperti Pelatda,” jelas Ketua Umum KONI Jawa Tengah Subroto. (ks04)

editor: arham