Komandan Guskamla Koarmada 1, Laksamana Pertama TNI Yayan Sofyan ST saat ekspose kasus

Keprisatu.com – Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada I, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Yayan Sofyan ST, memimpin langsung ekspose lima pelaku pencurian di atas kapal berbendera asing.

Ikut mendamping Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (P) Sumantri di Dermaga Lanal Batam pada Senin (22/2/2021) pagi.

Dalam ekspose kasus, Laksma TNI Yayan   menyebut, Tim Patroli TNI AL berhasil menggagalkan pencurian yang menimpa  dua kapal berbendera Malaysia di Perairan Selat Singapura pada Minggu (21/2/2021) siang.

Dia menyebtukan bahwa saat kejadian  KRI Siwar-646  melaksanakan kegiatan patroli keamanan laut, memantau aktivitas upaya pencurian yang dilakukan pelaku, dimana pelaku dengan menggunakan dua kapal speedboat mendekati dua kapal asing tersebut.

Dua kapal berbendera Malaysia itu yakni TB Danum dan Tongkang Linau 133.  Yayan Sofyan mengatakan, “Kapal berbendera Malaysia hendak ke  Serawak.  Namun saat berada di perairan Karang Banteng  Selat Singapura, kapal itu dipepet dua speed boat yang ditumpangi lima pelaku”.

Ketika tengah mengawasi , nampak kelima pelaku tengah memindahkan material dari tongkang Linau 133.  Material yang dipindahkan  berupa potongan baja , seling, dan  sejumlah jerigen.

Setelah pengungkapan, nantinya  Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) yang memiliki kewenangan sesuai dengan undang-undang yang berlaku akan menangani kasus ini lebih lanjut.

Yayan juga mengatakan, tidak ditemukan adanya bukti-bukti kekerasan dalam aksi yang dilakukan oleh pelaku. Menurutnya, kejadian itu murni pencurian yang dilakukan di laut.

Lebih lanjut Laksamana Pertama TNI Yayan Sofyan jiga berharap agar kejahatan di laut terus diminimalkan.

Apalagi, setiap tahunnya ribuan kapal yang melintasi selat Singapura dan berbatasan dengan Perairan Batam. “Kalau saja diantara 60 ribu lebih pelayaran , sebagian diantaranya melakukan kegiatan seperti lego jangkar di Indonesia (Kepri), maka akan dapat meningkatkan devisa bagi negara,” ujarnya. (KS15)

Editor Tedjo