KM Kelud menjalani perawatan rutin. Untuk sementara pelayaran dari dan ke Karimun dihentikan.

Keprisatu.com – Kapal Motor (KM) Kelud milik PT Pelni sementara ini tidak melayani pelayaran dari dan ke Kabupaten Karimun. Hal ini dipicu adanya perawatan rutin KM Kelud guna memastikan aman untuk pelayaran. Proses docking atau perawatan rutin itu akan berjalan hingga 16 September mendatang.

Kepala Cabang PT Pelni Karimun Yusuf mengatakan, KM Kelud terakhir beroperasi di wilayah Karimun pada 26 Agustus 2020. Proses docking, menurutnya, dilakukan di Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

“Proses docking dilakukan di Semarang sejak 6 September 2020. Apabila dari hasil pemeriksaan tidak ada penambahan dan perbaikan, maka tanggal 16 September ini selesai,” kata Yusuf, Selasa (9/9/2020).

Yusuf menyebutkan, sebelum dilakukan perawatan di Semarang, KM Kelud lebih dulu menjalani perawatan di Galangan Kapal kawasan Jakarta selama sepekan. Ia memperkirakan KM Kelud kembali beroperasi pada akhir September mendatang atau awal Oktober.

“Mudah-mudahn tanggal 16 itu sudah keluar. Isi BBM dan perbekalan baru gerak lagi. Nanti lah kita infokan,” sebut Yusuf.

Sementara ini, pelayaran dengan rute Tanjung Priok-Batam-Tanjungbalai Karimun, Belawan terpaksa dihentikan sementara. Sementara untuk kapal pengganti tidak tersedia. (KS 12)

Editor: zaki