Para pengurus PERKASA siap memajukan dan memperkokoh hubungan silaturahmi warga Sumetera di Kepri di bawah Komando T Afrizal Dachlan

Batam, Keprisatu – Perhimpunan Keluarga Besar Sumatera (PERKASA) resmi berdiri di Batam. Kepengurusannya terdiri dari perwakilan yang ada di 10 propinsi di Sumatera yang ada di Kepri.

Organisasi kemasyarakatan (ormas) ini merupakan tempat berkumpulnya seluruh masyarakat yang berasal dari 10 provinsi yang berdomisili di Provinsi Kepulauan Riau khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

Didirikannya PERKASA  berlatarbelakang   keinginan dari sejumlah tokoh-tokoh masyarakat asal  Sumatera yang berada di Provinsi Kepulauan Riau, untuk mempersatukan masyarakatnya ke dalam sebuah wadah organisasi.

Secara bulat, dr.Tengku Afrizal Dachlan, MM (Riau) dipilih  sebagai Ketua Umum. Dia tak sendirian, karena didampingi Sekretaris Jenderal Fisman F. Gea, SE (Sumatera Utara), Bendahara Umum, Ir. Mustava, MM (Sumatera Barat).

Guna menjalankan roda rogasnisasi secara baik, ditunjuklah H. Zainal Abidin (Bangka Belitung) sebagai Ketua Harian  Perhimpunan Keluarga Besar Sumatera (PERKASA).

dr T Afrizal Dachlan , Ketua Umum PERKASA

dr.Tengku Afrizal Dachlan, MM dan orang orang yang sudah ditunjuk sebagai pengurus di Kepengurusan PERKASA ini, berdasarkan hasil keputusan rapat yang telah dilakukan oleh tokoh masyarakat dari 10 Provinsi dan tim Formatur dan Perumus PERKASA.

Hasilnya dibawa dalam rapat finalisasi kepengurusan PERKASA pada Jumat (1/7/2022) silam.

“Ada sebuah keinginan dari sejumlah tokoh masyarakat muncul keinginan untuk menyatukan seluruh warga asal Sumatera ke dalam sebuah wadah organisasi PERKASA,” jelas Ketua Umum organisasi Perhimpunan Keluarga Besar Sumatera (PERKASA), dr Tengku Afrizal Dachlan.

“Semata – mata hanya untuk merekatkan dan meningkatkan kembali hubungan silahturahim kekerabatan keluarga se-sumatera,“ jelas Afrizal Dachlan.

PERKASA berkomitment   untuk mengembangkan organisasi ini. Penguruspun  telah melakukan rapat perdana untuk melakukan menyusun draft kepengurusan untuk nantinya dapat dibahas dalam rapat Finalisasi kepengurusan PERKASA, Jumat (01/07/2022).

Dalam rapat pengurus di aula Hotel PIH Batam center ini, juga membahas jadwal Pelantikan kepengurusan PERKASA yang di rencanakan akan dilantik oleh para Menteri yang aktif yang berasal dari Pulau Sumatera sekaligus sebagai Pembina PERKASA.

Kata Afrizal Dachlan, “Dalam struktur kepengurusan PERKASA, Dewan Pelindung PERKASA itu adalah 10 Gubernur aktif dari 10 provinsi yang ada di Pulau Sumatera,”tambahnya.

Sudirman Dianto, salah satu Pengurus PERKASA

Sudirman Dianto , salah seorang tokoh bidang pendidikan di Kepri, menyampaikan apresiasi atas terbentuknya Organisasi PERKASA.

“Sebagai seorang yang lahir di  Provinsi Kepulauan Riau, kami tentu sangat menyambut baik dengan terbentuknya organisasi perhimpunan keluarga besar masyarakat Sumatera,” kata Sudirman mengawali.

Sudirman Dianto yang saat ini menjadi Ketua Dewan Pendidikan Kota Batam ini juga mengharapkan  wadah organisasi tempat berkumpulnya masyarakat asal Pulau Sumatera ini, bisa dijadikan sebagai wadah untuk merekatkan dan meningkatkan kembali hubungan silahturahim kekerabatan keluarga se-Sumatera.

Terpenting lagi, kata Sudirman, adalah “PERKASA dapat senantiasa mendukung jalanya pemerintahan demi mewujudkan pembangunan Provinsi Kepri yang lebih baik.

“Semoga PERKASA makin  memperkokoh dan memperteguh persaudaraan kita sesama masyarakat di Sumatera. Semua provinsi itu Alhamdulillah membulatkan kata sepakat bahwa bergerak bersama untuk memperkokoh rasa persaudaraan sesama masyarakat yang ada di Provinsi Kepulauan Riau berasal dari Sumatera dalam PERKASA,” ujarnya.
Namun Sudirman mengingatkan bahwa gagasan yang bagus adalah ide yang baik yang tentunya harus didahulukan dan  kembangkan organisasi adalah manfaat untuk pembangunan Provinsi Kepulauan Riau.

 

Sementara itu Sekjend PERKASA, Fisman Gea menjelaskan “Tujuan dibentuknya PERKASA ini adalah untuk menjalin tali silaturahmi yang lebih luas lagi diantara sesama masyarakat asal Pulau Sumatera,” imbuhnya.

Dia mengatakan, adapun yang menjadi anggota di organisasi Perkasa ini adalah semua masyarakat yang ada di Kepri asal Pulau Sumatera, di antaranya dari Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung dan Kepulauan Riau. (KS03)

Editor : Teguh Joko Lismanto