Ketua Pertani HKTI Kepri Rina Safitri (ketiga dari kiri) menyerahkan SK Pengurus kepada Ketua Pertani HKTI Kota Batam Dewi Coryati

Batam, Keprisatu.com – Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perempuan Tani (Pertani) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Propinsi Kepulauan Riau, Rina Safitri  menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada Ketua  Pertani HKTI Kota Batam, Dewi Coryati .

Dewi Coryati akan menjalani jabatan Ketua Pertani HKTI Kota Batam Periode 2022 – 2027 mendatang .

Penyerahan SK dilakukan di Sekretariat Pertani HKTI Propinsi Kepri, pada Rabu (5/10/2022).  Saat penyerahan SK kepengurusan, Rina Safitri didampingi oleh  Sekertaris Devina Rachmawati, Ketua OKK Mira  dan Fiza .

Bersama Dewi Coryati, juga diserahkan SK kepada sekretaris Pertani HKTI Kota Batam Yani dan Bendahara Pertani HKTI Kota Batam, Ria Lubis .

BACA JUGA : DPD Perempuan Tani HKTI Kepri Resmi Dilantik

Tidak banyak tamu spesial yang hadir dalam penyerahan SK kepengurusan Pertani HKTI Kota Batam tersebut karena   hanya dihadiri  beberapa pengurus DPD Pertani HKTI Propinsi Kepri dan juga Pertani HKTI Kota Batam.

Rina Safitri menjelaskan, SK Pengurus Pertani HKTI Kota Batam ini diberikan kepada para pengurus yang telah dilantik tiga bulan silam. Pertani sendiri sudah dibentuk di 7 kabupaten kota di Kepri yaitu Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Kabupaten Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Anambas , Kabupaten Natuna dan Kabupaten Lingga.

Dengan sudah diterimanya SK tersebut maka para pengurus Pertani HKTI Kota Batam , memantabkan kembali tugas dan fungsinya untuk menjalankan tugas .
“Perempuan Tani sendiri di  Kepri sudah terbentuk di 7 kabupaten / kota di Kepri. Para pengurus akan terus menjalankan program kerja yang sudah disusun sebelumnya,” kata Rina Safitri .

 

Rina Safitri sangat berharap, setelah menerima SK dari Pertani HKTI  Kepri, bisa benar benar bermanfaat bagi masyarakat. “Semoga bisa menjalankan tugas-tugasnya seperti  bekerja sama dengan kelompok tani dan jga Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan)  yang ada di kota Batam,” ulas Rina Safitri.

Pertani HKTI Terus Galang Komunikasi Laksanakan Program Kerja

Disinggung soal program kerja, Ketua Pertani HKTI Kepri , Rina Safitri menjelaskan bahwa program-program kerja yang telah disusun, sudah dijalankan secara kontinyu atau berkelanjutan. Rina mencontohkan  Pertani HKTI  Propinsi Kepri  bekerja sama dengan ibu-ibu PKK yang ada di Kota Batam tentang pemanfaatan lahan kosong untuk dimanfaatkan .

“Kami telah menjalankan program bagaimana cara bercocok tanam walaupun kita tidak mempunyai lahan yang luas. Minimal kita bisa berjalan karena menggunakan lahan yang ada di pekarangan kita masing-masing,” jelas Rina Safitri.

Dengan program yang sudah ada ini, sebagai ketua , Rina Safitri mempunyai harapan besar kepada para pengurus Pertani HKTI Kota Batam. “Saya berharap   sebagai  semoga Bu Dewi Coryati sebagai Ketua  Pertani HKTI  Kota Batam beserta jajaran, bisa membangun roda organisasi yang lebih baik dan juga bersinergi dengan petani , masyarakat dan juga pemerintahan daerah,” ujar Rina Safitri.

Sosialisasi tentang bagaimana mengelola  lahan pertanian di Batam,  walaupun di Batam bukan daerah pertanian, namun yang terpenting adalah bagaimana mencoba menanam dan mengelola lahan dengan baik. Bagaimana kita bisa bercocok tanam di lapangan di pekarangan kita masing-masing seperti di pot,” ulas Rina lagi.

Di penghujung, Rina berharap Pertani HKTI baik di Kepri maupun tingkat kabupaten kota benar benar bisa memberdayakan dan memanfaatkan hasil panen dengan baik.

“Kami juga berharap mudah-mudahan  dari hasil binaan Pertani HKTI  di setiap kabupaten kota, bisa menghasilkan kebutuhan pangan untuk keluarga. Lebih bagus lagi  bisa memenuhi kebutuhan pangan untuk bisa didistribusikan ke masyarakat ,” tutup Rina Safitri. (KS03)

Editor : Teguh Joko Lismanto