Menko PMK Muhadjir Effendy saat berada di RSKI Galang. (Foto: Margaretha/batamnews)

Keprisatu.com – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy datang ke Batam, Kepulauan Riau untuk meninjau Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang, Selasa (19/5/2020).

Ia mengatakan RSKI Galang ini dibangun berdasarkan gagasan dari Presiden RI, Joko Widodo untuk perawatan dan penderita Covid-19.“Sejak dibangun, saya belum pernah mengunjunginya,” ujar Muhadjir.

Menurutnya keberadaan RS ini sebagai bentuk dari antisipasi pemerintah, untuk menghadapi kemungkinan terburuk dari wabah Covid-19 ini.

“Rumah sakit ini memang didesain secara khusus untuk bersiapsiaga, mengantisipasi kalau-kalau Covid-19 ini jadi liar. Maka ini merupakan salah satu persiapan kita,” kata dia.

Pada kesempatan tersebut, hadir juga Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam, Muhammad Rudi-Amsakar Achmad.

Pada saat kunjungan, rombongan mendapatkan penjelasan seputar RSKI Galang oleh direktur rumah sakit, Kolonel CKM dr Khairul Ikhsan.

Penjelasan yang disampaikan antara lain dimulai dari proses pembangunan, fasilitas, awal menerima pasien, hingga jumlah pasien yang telah dirawat sampai sekarang. Dia juga menyampaikan beberapa kendala yang dihadapi, antara lain biaya operasional seperti listrik.

Ia juga mengapresiasi kinerja RS, karena dari 95 orang yang dirawat, secara keseluruhan dinyatakan sembuh dari Covid-19.

“Kita patut bersyukur. Bahwa antisipasi terburuk kita tak terjadi. Tapi bukan berarti boleh lengah. Jaga kondisi ini sampai tuntas,” katanya.

Di sela-sela kunjungan, rombongan Menko PMK juga memberikan paket sembako kepada sejumlah warga di kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam.

Seorang warga penerima sembako, Theresia menyampaikan sejak wabah Covid-19 ini, ia tidak lagi bekerja sebagai penjaga gereja di Ex-Camp Vietnam. Wanita 60 tahun ini sudah hidup menjanda bersama anak-anaknya.

Sumber:Batamnews