Ft. Pemeriksaan suhu kepada 21 warga yang dicurigai kontak dengan suspect covid-19

Keprisatu.com – Sebanyak 16 Personil Satuan Sabhara Polres Natuna mengawasi secara ketat  kepulangan 21 warga Ranai . Pasalnya mereka diduga kontak langsung dengan   suspect virus covid-19 di Serasantimur beserta dua orang Abk kapal pompon, yang  ditumpangi warga Ranai tersebut.

Kepala urusan  Bin Ops Sat Sabhara Polres Natuna, Ipda Sagala, yang melakukan pengamanan tersebut mengatakanbahwa , sebelumnya dia mendapat laporan  dari masyarakat,  bahwa 21  warga Ranai yang berada di serasan,  telah kontak langsung dengan orang yang diduga tersuspect covid-19. Dan mereka  akan kembali ke Ranai dari Serasan dengan menggunakan pompong (kapal carter).

Benar saja.  Ada 21 orang warga Ranai  dan dua orang ABK yang baru tiba dari serasan, pada Pukul 23.15  yang tiba di Pelabuhan Penagih. Tim yang dipimpin Ipda Sagala, segera mensterilisasi (pengamanan) pelabuhan.

Petugas juga  memantau  suhu tubuh pada 21 orang Warga Ranai dan 2 orang Abk yg baru tiba dari Serasan pada pukul  23.15 wib.  Pemeriksaan dilakukan langsung  oleh Dinas Kesehatan Pemkab Natuna yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Natuna.

Usai mendapat laporan , Kapolres Natunan  memerintahkan Personil  Satuan Sabhara untuk memantau kedatangan mereka dari Serasan menuju Ranai melalui pelabuhan Penagih.

Kemudian selesai  pemeriksaan suhu tubuh  , Kepala Dinas Kesehatan memberikan arahan kepada mereka untuk melaksanakan Karantina Mandiri selama 7 hari kedepan sampai menunggu hasil Swap/PCR , terhadap orang yang tersuspect covid-19 keluar, yang saat ini berada di Kalimantan Barat.

“Kami  sebagai garda terdepan pencegah penularan virus Covid-19,  saat ini terlibat dalam Satgas Operasi Aman Nusa, siap melakukan yang tebaik,” ujar Ipda Sagala.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Rizal Rinaldy, membenarkan bahwa ada warga  Ranai yang baru pulang dari pulau Serasan. “ Sekarang sudah dilakukan karantina mandiri, sambil menunggu hasil web-nya,” ujar Rizal. (ard)