Tidak Satupun Kapal Asing Boleh Lego Jangkar di Luar Area Labuh Jangkar yang Ditetapkan

Keprisatu.com – Pemerintah Provinsi Kepri segera akan menertibkan kapal asing yang berlabuh di perairan Provinsi Kepri. Kapal-kapal asing tersebut hanya boleh lego jangkar di titik-titik labuh jangkar yang sudah Pemprov Kepri tentukan.

”Pesan Pak Menko Marves kepada saya bahwa segera membentuk Satgas, guna penertiban kapal-kapal yang berlabuh berada di luar kawasan jasa labuh jangkar. Beliau juga sampaikan bahwa tidak ada satupun boleh terutama kapal asing berlabuh di luar labuh jangkar. Semua wajib melabuhkan jangkarnya di titik yang telah kita tetapkan,” ungkap Ansar Ahmad, Gubernur Kepri, Jumat (12/3/2021).

 

Kepri bakal menertibkan kapal asing.
Gubernur Ansar memimpin rapat terkait penertiban kapal asing di Kepri, Jumat (12/3/2021). (Foto: Humas Pemprov)

Menindaklanjuti pesan Menko Marves tersebut, Ansar langsung memimpin Rapat Koordinasi Pembentukan Satgas Pengawas Pelaksanaan Labuh Jangkar di Wilayah Provinsi Kepulauan Riau di Ruang Rapat Utama, Kantor Gubernur Kepulauan Riau, Dompak, Tanjungpinang, Jumat (12/3/2021). Ia mengaku sudah memerintahkan dinas terkait untuk melakukan penyusunan draft awal Pembentukan Satgas Pengawas Pelaksanaan Labuh Jangkar di Wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

”Kemarin kita susun SK Satgas labuh Jangkar. Kita sampaikan dahulu. Nanti ada unsur belum masuk, mohon pendapat dan saran. Karena labuh jangkar ini merupakan aktivitas yang baru pertama kali kita lakukan, maka terus kita lakukan evalusi dan penyempurnaan ke depannya. Jika telah sempurna, pada Kamis (18/3/2021) nanti akan kita serahkan ke Pak Menko Marves ketika datang ke Batam,” ujar Ansar.

BACA BERITA TERKAIT:

Gerak Cepat Gubernur Ansar, Resmikan 4 Titik Lagi Labuh Jangkar

Tancap Gas! Ansar Tarik Perdana Retribusi Labuh Jangkar

Area Labuh Jangkar Kepri Dikerucutkan Jadi Enam, Ini Daftarnya

Intinya, menurut Gubernur Ansar, Pemerintah Pusat melalui Menko Marves sangat mendukung daerah untuk bertindak kreatif dan inovatif dalam menggali sumber pendapatan baru untuk menambah pendapatan asli daerah. “Pesan Pak Menteri sebanyak apapun potensi laut, gunakan, dan optimalkan kebermanfaatannya untuk daerah. Karena pusat sudah berikan dukungan, maka kita juga harus cepat bertindak,” imbuh Ansar. (ks04)

editor: arham