Even Panen Raya Batam kolaborasi kreatif konsep desa wisata dan agro wisata di Jambu Madu Edufarm Batam, Minggu (12/4/2021).

Keprisatu.com – Asisten Direktur Pemasaran Regional 1 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparkraf), Taufik Nurhidayat angkat jempol memberikan pujian kepada Insan Pariwisata Indonesia (IPI) Kota Batam.

Pujian Taufik terhadap ide kreatif dan ciamik dari IPI Kota Batam, membuat even Panen Raya Kota Batam di Jambu Madu Edufarm, Minggu (11/4/2021).

Acara Panen Raya Kota Batam ini dikemas dengan konsep program Kemenparekraf desa wisata dan agro wisata di alam terbuka tengah sawah. Sambil panen, didiringi kesenian tradisional calung, jaipong, dan tari tarian.

Dilakukan juga pawai kirab panen raya dengan hasil bumi seperti cabe, padi, kacang diarak sebelum padi di babat oleh pejabat dan undangan yang hadir.

“Panen Raya di Batam luar biasa, seiring dengan program kementerian menciptakan desa wisata dan agro wisata. Ini patut dipromosikan ke manca negara bahwa Batam ada sawah padi yang subur,” ujar Taufik.

Turut mendampingi Taufik yaitu Asisten II Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Pemko Batam, Febrialin juga memuji panen raya ini menumbuhkembangkan bahwa di Batam bisa ditanami padi.

‘Ini suatu hal yang luar biasa, sangat layak dikunjungi dan di kemas untuk even wisata dui Batam yang selama ini dikenal kota industri. Ternyata pertanian juga subur,” takjub Febrialin.

Pertunjukan seni di even Panen Raya Batam di Jambu Madu Edufarm Batam, Minggu (12/4/2021).

Dirinya berharap, acara Panen Raya ini berlangsung dan berkelanjutan. Sehingga mendongkrak ekonomi dan pariwisata Kota Batam

Menanggapi pujian sekaligus tantangan dari kedua pejabat tersebut, Ketua Panitia sekaligus Wakil Ketua Umum DPP IPI, Marokhimin bertekad, even Panen Raya bersama Jambu Madu Edufarm akan diagendakan menjadi even tahunan dan membangkitkan gairah pariwisata di tengah pandemi dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan sertifikasi clean, healthy, safety, dan environment (CHSE).

IPI juga, kata Marokhim, berkomitmen mengembangkan destinasi berbasis masyarakat atau lebih dikenal dengan desa wisata di Kota Batam dan Kepulauan Riau.

Acara ini sempena ulang tahun ke-6 IPI yang jatuh pada 6 April 2021, “Semoga IPI bersinergi memajukan pariwisata Indonesia sebagai lokomotif ekonomi kreatif, bagi semua insan yang bergerak di bidang pariwisata. Bangkit Pariwisata Indonesia,” ujar Marokhim semangat.

Pengelola Jambu Madu, Rudi Dukarjo mengaku, sangat senang Jambu Madu Edufarm bisa menjadi destinasi wisata yang mendidik bagi generasi bangsa terhadap pertanian yang dikemas dalam agro wisata berbasis masyarakat.

Dirinya pun berharap, semoga panen raya ini menjadi momen bangkitnya pariwisata Indonesia

Apalagi, acara panen raya tersebut dihadiri dan dimeriahkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Batam, asosiasi pariwisata dan hotel, serta resort di Kota Batam.(ks03)

Editor: tedjo