ILUSTRASI kendaraan arus balik Lebaran 2020. Penumpang termasuk pengemudi harus dapat menunjukkan SIKM. (Antara Photo)

Keprisatu.com – Direktur Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sigit Irfansyah menyampaikan, banyak masyarakat yang mengakses situs Surat Izin Keluar Masuk wilayah DKI Jakarta (SIKM) pada hari kedua Lebaran atau Senin (25/5). Jumlahnya mencapai sekitar 200 ribu orang.

“Pada hari Lebaran kedua atau Senin lalu, saya dapat informasi dari Pak Kadishub DKI itu ada sekitar 200 ribu orang yang mengakses website. Tapi baru melihat, belum mengurus,” kata dilansir dari Antara, Rabu (27/5).

Sigit mengatakan banyaknya orang yang mengakses SIKM perlu menjadi perhatian bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Sebab, ada beberapa yang mengalami kesulitan dengan prosedurnya.

Belum lagi ketika terjadi server down karena tingginya trafik orang yang mengakses. Sigit mengatakan, hal itu memang dikarenakan SIKM bersifat personal.

“SIKM ini unik jatuhnya per personal, kalau di mobil ada lima orang ya lima SIKM,” tuturnya.

Saat new normal nanti, lanjutnya, ada kemungkinan SIKM akan diberlakukan per kendaraan untuk keluar-masuk wilayah Jabodetabek. Di sisi lain, Sigit mengakui, prosedur baru menggunakan SIKM ini lumayan tak biasa bagi Kemenhub.

“Kita enggak punya pengalaman sama sekali di lapangan. Selama ini caranya bagaimana melancarkan, sekarang menyekat,” pungkasnya.

Sumber: jawapos