Ilustrasi. Pelaksanaan salat Idul di Dataran Engku Putri Batam Centre, Jumat (31/7/2020).

Keprisatu.com – Selama Bulan Ramadan baik Pemerintah Kota dan Kemenag Kota Batam tidak melarang umat Islam melakukan ibadah. Asalkan, masyarakatnya memperhatikan protokol kesehatan (Protkes) dengan ketat dalam melaksanakan ibadah.

“Pandemi Covid-19 masih ada, saya harapkan umat Islam menjalankan ibadahnya tetap perhatikan protkes dengan ketat,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, Zulkarnain Umar, Rabu (28/4/2021).

Kata dia, meski begitu, Kemenag dan Pemko Batam terus memantau perkembangan virus Covid-19. Sebab, apabila lonjakan virus ini semakin mengkhawatirkan, bisa saja pelaksanaan salat tarawih atau salat Idul Fitri ditiadakan seperti tahun lalu.

“Kami bersama Pemko dan Forkompinda terus pantau perkembangan virus ini. Kalau peningkatan terus, kami akan lakukan rapat untuk kebijakan ini. Masih ada 15 hari kedepan untuk hari raya Idul Fitri, kalau terus tinggi penyebaran, bisa saja seperti tahun lalu,” ucapnya.

Ia mengharapkan, setiap lingkungan tempat ibadah terutama disetiap masjid, agar diperhatikan protkesnya seperti, tempat cuci tangan, buat jaga jarak untuk salat, perhatikan jamaah agar dipastikan memakai masker dan lain sebagainya.

“Perhatikan juga kapasitas masjidnya, kalaupun ada kegiatan didalam masjid jangan terlalu ramai dan batasi,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Walikota Batam Muhammad Rudi bahwa saat ini yang paling penting ialah perketat protkes. Silakan umat muslim melaksanakan ibadah di bulan Ramadan ini asalkan ikuti peraturan pemerintah.

“Cuman acara Nuzul Quran saja tidak kita lakukan, silakan umat muslim lakukan tadarusan tapi orangnya harus dibatasi, silakan salat tarawih asalkan diikuti protkes,” ujarnya.

Selain itu sambungnya, untuk malam takbiran keliling Kota Batam, Pemerintah Kota Batam dengan tegas tidak boleh dilaksanakan. Cukup di mesjid atau lingkungan musolah laksanakan takbiran.

“Untuk salat Idul Fitri saya menganjurkan di lapangan terbuka, tapi tetap ikuti protkes dengan ketat, seperti jaga jarak, pakai masker dan lain sebagainya,” ucapnya.(KS10).