Keprisatu.com – Pembukaan Kejuaraan Nasional Tandoku Shorinji Kempo Piala Menteri Komunikasi dan Informatika Tahun 2020 dibuka secara Kamis (13/08/2020) siang.  Gelaran cabang olahraga yang pertama di Indonesia secara virtual itu, sendiri berlangsung selama dua hari dari tanggal 13 s.d. 14 Agustus 2020. Kegiatan ditaja sebagai rangkaian peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan Pandemi Covid-19 membuat perhelatan Shorinji Kempo tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Gelaran virtual menjadi penanda kebangkitan semangat Indonesia Maju untuk adaptasi kebiasaan baru dan percepatan transformasi digital di sektor olahraga.

“Semua peserta perwakilan daerah menampilkan seni bela diri Kempo secara virtual. Meski demikian, esensi dalam menjaga kebugaran tubuh dan sportivitas dalam bertanding tetap terjaga dalam penyelenggaraan pertandingan ini,” ujarnya saat membuka Kejurnas Virtual Tandoku Shorinji Kempo dari Aula Anantakupa Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis (13/08/2020) seperti dikutip dari siaran pers Biro Humas Kominfo.

Kejuaraan yang diselenggarakan oleh Dojo Shorinji Kempo Kementerian Kominfo itu mengambil tema “Meraih Prestasi di Masa Pandemi untuk Indonesia Maju”.

Panitia Penyelenggara Kejurnas Virtual Anang Latif dalam Kejurnas Virtual itu, dipertandingkan Tandoku atau gerakan dasar Kihon dan Ken teknik dan Jurus memukul menendang, melipat, membanting dan mengunci lawan.

“Dengan begitu, kejurnas kita kali ini tetap menjalankan protokol Covid-19 yang mengharuskan tidak ada kontak fisik,” jelasnya.

“Selama persiapan dan pertandingan kami tetap memberlakukan disiplin protokol Covid-19, yaitu semprot disinfektan, pengukuran suhu, pengenaan masker, dan physical distancing,” jelasnya.

Kejurnas diikuti oleh kontingen dari 33 provinsi, kecuali Provinsi Bangka Belitung tidak bisa ikut karena belum ada atlet.  “Kejurnas terbagi dalam 7 kategori yang diikuti oleh 34 kontingen dari 33 provinsi dengan 293 orang atlet 112 putra 98 putri dari seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Anang menyebut cabang olahraga Shorinji Kempo merupakan olahraga pertama di Indonesia yang menggelar kejurnas secara virtual. ”Di masa pandemi ini cabang ini menjadi yang pertama yang menggelar kejuaraan secara virtual. Dan semoga menjadi percontohan ke depan bagi cabang olahraga lainnnya untuk beraktivitas di masa pandemi,” jelasnya.

Hadir dalam pembukaan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali; Ketua KONI Pusat Marciano Norman; Komite Eksekutif KOI Indra Gamulya; Ketua PB PERKEMI Saifudin Aswari; dan Presiden World Shorinji Kempo Organization Shorinji Kempo Negara Asean Kouma So. Selain itu juga hadir pejabat eselon I dan II Kementerian Kominfo dan Kemenpora.  Hadir pula secara virtual Kepala Balmon Spektrum Frekuensi Radio di seluruh Indonesia atlet/kenshi, pelatih dan Manajer di Indonesia. (ks03)