Kasus corona di Tanjungpinang Kepri kembali melonjak.
Ilustrasi

Keprisatu.com – Kasus corona di Kota Tanjungpinang , Kepri, melonjak lagi. Pertambahan harian kasus baru terkonfirmasi positif covid-19 pada 2 April 2021 mencapai 47 orang. Ini angka yang tinggi bagi ibu kota Kepri itu.

Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma,SIP, dalam laporannya per 2 April 2021, sebanyak 47 kasus baru itu terdiri 21 laki-laki dan 26 perempuan. Melihat riwayat penyakitnya, kebanyakan karena kontak erat dengan penderita lainnya. Sebagian lainnya bahkan tidak ada riwayat perjalanan dan tidak ada kontak erat, hanya dua kasus terdapat riwayat perjalanan. Kebanyakan para penderita kini melakukan isolasi mandiri.

Sehari sebelumnya pada 1 April 2021, pertambahan harian kasus corona terkonfirmasi positif di Kota Tanjungpinang sebanyak 16 orang. Secara kumulatif pada hari yang sama, jumlah konfirmasi positif mencapai 1.544 kasus. Sehingga dengan pertambahan 47 orang, per tanggal 2 April 2021, kumulatif kasus positif di Tanjungpinang mencapai 1.591 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Mohammad Bisri, mengatakan vaksinasi yang sedang berjalan di Kepri belum tentu bisa menghentikan penyebaran covid-19 karena cakupannya masih rendah.

“Capaian vaksinasi Kepri baru sekitar 12 persen,” kata Bisri di Tanjungpinang.

Vaksinasi menjadi salah satu upaya dan harapan pemerintah untuk menurunkan kasus covid-19 serendah-rendahnya.
Selain vaksinasi, tentunya kedisplinan dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan menjadi kunci memutus mata rantai penularan covid-19.

“Jangan beranggapan karena sudah ada vaksin, pandemi sudah berakhir. Protokol kesehatan wajib diterapkan, termasuk penerima vaksinasi covid-19,” imbuhnya. (ks04)