Keprisatu.com – Kepala Polresta Barelang meninjau posko tangguh PPKM RT 01 / RW 05 Kelurahan Belian Perumahan KDA Batam Center (Zona Kuning) dan pelaksanaan penanganan tepat sasaran dengan Penyemprotan Disinfektan, pada Rabu (10/02/2021).

Kegiatan yang dihadiri oleh Kapolresta Barelang Kombes Pol Yos Guntur, Dandim 0316 Batam, Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan dan Wakil Walikota Amsakar Ahmad serta rombongan melaksanakan Launching Kampung Tangguh ke-11 di Kota Batam yaitu di Posko PPKM RT 01/ RW 05 Perumahan KDA cluster Pelikan Batam Center.

“Perumahan KDA Cluster Pelikan dan Manyar Batam Center saat ini terdapat 3 orang yg sedang dirawat sehingga perlu dilakukan upaya tepat sasaran dengan pembentukan posko guna lakukan penanganan terhadap lingkungan, kepada seluruh warga terutama yang kontak erat dengan pasien,” ujar Kapolresta Barelang.

Dalam kesempatan ini Kapolresta Barelang juga memberikan apresiasi kepada masyarakat perumahan KDA Cluster Pelikan yang terus berupaya mematuhi protokol kesehatan.

Terdapat 5 kriteria Kampung Tangguh Barelang dalam hadapi pandemi Covid-19 sesuai dengan STR NO : ST/11/II/KEP./2021 Bag Ops Polresta Barelang yaitu Tangguh Kesehatan, Tangguh Ekonomi Sosial/Ketahanan Pangan, Tangguh Pendidikan, Tangguh Keamanan, Tangguh Informasi/Bencana.

“Dari hasil penilaian Posko PPKM Perumahan Cluster Pelikan telah memenuhi Kriteria Tangguh Kesehatan dengan memiliki fasilitas keranisasi atau tempat cuci tangan dilengkapi sabun pada seluruh rumah warga. Adanya Posko Kesehatan berikut perangkapnya dan adanya rumah karantina yg ditunjuk,” jelasnya.

Kedua Tangguh Ekonomi Sosial/Ketahanan Pangan yang telah memiliki fasilitas ruangan lumbung pangan dan budidaya sayur sayuran dan toga.

“Ketiga Tangguh Pendidikan dengan adanya taman baca di area fasum. Keempat Tangguh Keamanan memiliki fasilitas Pos Keamanan Terpadu dengan sistem pengamanan yang sudah berjalan antara TNI-Polri dan Instansi terkait dan adanya panel jadwal piket security,” katanya.

Dan keempat Tangguh Informasi Bencana dengan memiliki Posko Tanggap Darurat Bencana dan adanya panel data perkembangan covid-19 di Clastes Pelikan Perum KDA.

Dari kegiatan program kampung tangguh ini diharapka terlaksananya lrogram pemerintah melalui Program Prioritas Kapolri berbasis penanggulangan Covid-19 pada level mikro di Posko PPKM Perumahan KDA Cluster Pelikan.

“Dan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat pada masa pandemi covid-19 dan memulihkan kesehatan dan membangkitkan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (KS15).

Editor : Joko