Kru Kapal KN. Kalimasadha – P.115 melakukan koordinasi dengan kapal yang sedang mengalami kerusakan di tengah laut

Keprisatu.com – Sebuah kapal tanker berbendera Panama dengan bobot 58.243 GT , yang sedang dalam pelayaran mengalami kerusakan mesin di tengah perairan .Kapal itu yang sedianya berlabuh dari Singapura menuju Dubai, mengalami kerusakan di perairan Karang Galang Kepulaun Riau.

Kapal yang seharusnya hanya melaksanakan pergantian awak kapal di Batam ini, harus menunda keberangkatannya beberapa jam dikarenakan mengalami kerusakan mesin pada sistem kompresi udaranya.

VTS Batam mendapatkan informasi tersebut kemudian meneruskan kepada Kasubsi Operasi Captain Deddy Surachmad dan atas perintah Kepala Pangkalan PLP Tanjung Uban, Captain Handry Sulfian MM, agar KN. Kalimasadha – P.115 segera melakukan koordinasi dengan kapal yang sedang mengalami kerusakan di koordinat 01° 10′ 310″ N / 104° 14′ 467″ E, KN.

Awak kapal Kalimasdha -P.115 segera meluncur ke lokasi dan memastikan bahwa kondisi kapal memang betul mengalami kerusakan, tidak ada gangguan keamanan ataupun kegiatan yang membahayakan keamanan kapal atau pun lalu lintas di sekitar perairan Karang Galang.

Captain Putra Wardana sebagai Nakhoda KN Kalimasdha – P.115, kemudian memerintahkan tim boarding untuk melakukan pemeriksaan diatas MT. ANASTASIA I. Di atas kapal, Tim Boarding disambut baik oleh Captain Devandran K.R sebagai Nakhoda.

Lalu mereka  memastikan bahwa kerusakan dapat di atasi oleh ABK dan kapal dapat segera melanjutkan pelayaran ke Dubai. Captain Devandran KR mengucapkan terima kasih atas respon yang diberikan oleh KN. Kalimasadha – P.115, sebagai Kapal Patroli Penjaga Pantai dari Kemenhub Republik Indonesia.(Ks05).

Editor : Tedjo