Proses evakuasi oleh KN Rantos P 210 terhadap kru kapal asing yang sakit di perairan Batuampar

Keprisatu.com – Pangkalan PLP kelas II Tanjung Uban melalkukan evakuasi terhadap ABK Kapal yang mengalami sakit di tengah perairan Batuampar, Jum’at (05 Februari 2021) .

Kepala Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban, Handry Sulfian, S.E., M.M. menjelaskan pihaknya mendapatkan informasi dari Batam,   bahwa ada kapal bernama MT  SHAWNA berbendera Marshall Island, yang akan melakukan penurunan ABK yang sakit di Perairan Batu Ampar.

Kemudian Kepala Pangkalan PLP kelas II Tanjung Uban meneruskan informasi melalui Kepala Sub seksie Operasi, Deddy Surachmad untuk menggerakkan KN  Rantos P-210  menuju lokasi penurunan ABK yang sakit.

Pada pukul 14.10 WIB, dari hasil Komunikasi Komandan Kapal KN  Rantos P-210 dengan MT  SHAWNA melalui Radio VHF CH 16 dan 17 didapati informasi.

Kapal yang akan dievakuasi adalah, bernama MT. SHAWNA
dengan Captain  Albert Alisa. Kapal berbendera  Marshall island dalam kondisi muatan kosong ( rencana baru mau loading di singapore ). Kapal itu bergerak dari pelabuhan di China
menuju pelabuhan  Singapore.

Crew yang sakit adalah Ali Azmat, berkewarganegaraan Pakistan. Keluhan perut sakit dan Tak bisa makan.

Pada pukul 16.30 WIB, MT SHAWNA lego jangkar pada posisi 01-10-940 N /103-57-971 E, guna menunggu pihak agen dan Imigrasi untuk proses lebih lanjut terkait penurunan ABK kapal yang sakit.

Operasi ini melibatkan unsur dari  KN. Rantos P-210, Kesehatan Pelabuhan dan Dokter, Imigrasi Batam, dan Agency  Batam. (KS05).

Editor : Joko