Keprisatu.com- Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat, Laksma Bakamla Hadi Pranoto, S.Sos., M.Si.(Han) yang diwakili oleh Kepala Bidang Operasi Kamla Zona Barat Kolonel Bakamla Djoko Wahyu Utomo,S.E.,M.H., membuka secara resmi pelatihan Operasi Keamanan dan Keselamatan Laut.

Acara dilaksanakan di ruang Selasar Kantor Kamla Zona Maritim Barat, Jl. RE. Maradinata No. 16, Sekupang, Batam, Senin (7/6/21). Pelatihan diikuti oleh puluhan personel dari pengawak kapal, Kantor Kamla Zona Maritim Barat, Pangkalan Batam, Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) dan Stasiun Bumi (SB) yang berada diwilayah kerja Zona Maritim Barat.

Pelaksanaan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dasar kepada personel Bakamla dalam melaksanakan tugas operasi keamanan dan keselamatan di laut baik secara teori maupun praktek terutama dalam prosedur penyelenggaraan patroli di laut.

Dalam sambutannya, Kepala Zona Maritim Barat yang dibacakan Kabid Operasi Kamla Zona Maritim Barat Kolonel Bakamla Djoko Wahyu Utomo menyampaikan bahwa materi latihan operasi keamanan dan keselamatan laut yang akan diberikan mencakup pengetahuan perambuan di laut, pengetahuan navigasi kapal, pengetahuan manuver kapal, pengetahuan berlayar dalam keadaan cuaca buruk, pengetahuan pencegahan tubrukan di laut, pengetahuan penyelamatan kapal, pengetahuan pemeriksaan kapal dan pengetahuan menembak.

“Saya menekankan kepada seluruh peserta agar melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh, perhatikan dengan seksama pembelajaran yang disampaikan oleh narasumber atau instruktur, perhatikan keamanan dan keselamatan selama mengikuti pelatihan serta patuhi semua protokol kesehatan dalam masa pandemi ini,” katanya.

Kegiatan pelatihan operasi keamanan dan keselamatan laut ini berlangsung selama sembilan hari, dengan materi dikelas selama lima hari dan empat hari praktek. Sebelum pelaksanaan seluruh peserta wajib menjalankan Rapid Tes Swab Antigen Covid-19 guna memastikan peserta dalam kondisi sehat tidak terpapar Covid-19.

Hadir sebagai narasumber dari Distrik Navigasi Kelas 1 Tanjung Pinang, Indonesian Maritime Pilots Associations (INAMPA) dan instruktur dari Batalyon Infanteri 10/Mar Setokok. (KS14)

Editor : Tedjo