PENYERAHAN donasi kepada Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad oleh Ketua KALAM Hermanto dan Koordinator Donasi Ivan Siregar.

Keprisatu.com – Kawan Lama (KALAM) yakni organisasi orang lama yang tinggal di Batam era tahun 1970 sampai 1990-an, menggalang dana membantu pemerintah dan masyarakat yang terkena dampak covid-19.

Donasi yang telah terkumpul telah disalurkan baik dalam bentuk sembako, alat pelindung diri (APD), dan kebutuhan alat kesehatan lainya.

“Tahap pertama, sudah disalurkan ke Rumah Sakit BP Batam dan alat kesehatan diterima Wali Kota Batam tanggal 1 April 2020,” ujar Penaggung Jawab KALAM Peduli Covid-19, Ivan Siregar.

Tahap kedua penyerahan disinfectant tank, ke beberapa tempat. Disinfectant tank ini merupakan drum, untuk warga mencuci tangan agar covid-19 rontok di tangan.

Bantuan diberikan ke Masjid Nurul Hidayah Batu Besar, yang menerima Johari. Masjid AlMuttaqin Kampung Melayu, yang menerima H Marsapwan.

“Kami juga menyalurkan sembako 50 paket kepada anggota KALAM berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) covid-19. Itu yang kami salurkan di tahap kedua,” aku Ivan Siregar.

Tahap ketiga, akan disalurkan dalam waktu dekat ke panti asuhan dan panti jompo. “Semangat tahap ketiga, selain membantu masyarakat terdampak covid-19, sekaligus menyambut Idul Fitri,” ungkap Ivan.

Ketua umum KALAM, Hermanto, mengaku terjadinya wabah covid-19, sebagai organisasi sosial ada rasa peduli dan menghimpun donasi dari anggota.

“Alhamdulillah direspons oleh anggota dan tokoh Kota Batam. Karena kita cinta Batam, karena kita turut serta membangun Batam yang ditetapkan sebagai kota industri ini,” ujar Hermanto.

Hermato mengucapkan terima kasih kepada donatur yang telah memberikan donasinya, dan telah menyerahkan baik langsung ke rumah sakit maupun ke masyarakat dalam bentuk sembako dan disinfectant tank.

“inilah yang dapat kami lakukan membantu pemerintah dan masyarakat membutuhkan yang terdampak langsung wabah covid-19 ini. Semoga Allah mengganti berlipat ganda donasi dari anggota KALAM,” doa Hermanto.

Hermanto Kmengimbau masyarakat Batam, tetap disiplin mengikuti anjuran Pemerintah Kota (Pemko) Batam agar tetap di rumah, pakai masker aktivitas luar rumah, tetap cuci tangan, dan jaga jarak.

“Kita sudah berdoa dan berikhtiar. Semoga kita dapat terhindar dari wabah covid-19,” pinta Hermanto.

Pengurus Masjid Almuttaqin Kampung Melayu, H Marsapwan, yang menerima bantuan disinfectant tank dari KALAM  megucapkan terima kasih yang tak terhingga.

Menurutnya, bantuan ini sangat bermanfaat bagi jamaah dan masyarakat di sekitar masjid di kampung Melayu. “Kami akan merawatnya,” ujar Marsapwan. (*)