Kondisi di Bandara Hang Nadim. Aparat Keamanan Setempat menjalankan pemeriksaan lebih ketat, apalagi menjelang Pilkada pada 9 Desember 2020

Keprisatu.com – Pelaksanaan Pilkada 2020 di Propinsi Kepulauan Riau, tinggal menghitung hari. Semua pihak saat ini tengah menyoroti tentang bagaimana pelaksanaan pemilukada yang bersamaan dengan pandemi Covid-19.

Demi menjaga semua berjalan aman, menjelang 31 hari sebelum Pilkada serentak 2020, Polsek Bandara Hang Nadim Batam memperketat keamanan khususnya di pintu keberangkatan, pintu kedatangan serta Cargo. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolsek Kawasan Bandara AKP Nidya Astuty bersama dengan Personil Polsek Bandara. Mereka melakukan  pengecekan dan pengamanan dibeberapa tempat seperti pintu masuk terminal keberangkatan Bandara, X-Ray dan Counter Check-In Bandara serta Cargo pada Senin (9/11/20).

Kapolsek Bandara AKP Nidya Astuty mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dibantu oleh petugas Avsec dengan melakukan pemantauan penumpang yang akan masuk ke terminal keberangkatan. Memastikan mengikuti prosedur pemeriksaan kesehatan sebelum terbang ke daerah lain dari Batam serta juga memberikan himbauan terkait Covid-19 agar tetap selalu memperhatikan protokol kesehatan (Protkes)

“Kita tetap memperhatikan protkes, seperti menjaga jarak (physical distancing), menggunakan masker, dan mencuci tangan pakai sabun dengan air bersih untuk memutus mata rantai dan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, Nidya juga mengatakan pihaknya juga melaksanakan pemantauan penumpang dan barang bawaan penumpang yang masuk ke terminal keberangkatan melalui X-RAY. Hal ini untuk mengantisipasi narkoba dan barang-barang berbahaya lainnya serta memberikan himbauan terkait Covid-19.

Himbauan ini disampaikan kepada penumpang yang sedang mengantri di conter check-in, penumpang yang sedang menunggu di ruang duduk keberangkatan agar selalu memperhatikan protokol kesehatan seperti menjaga jarak (Physical Distancing), menggunakan masker, dan mencuci tangan pakai sabun dengan air bersih untuk memutus mata rantai dan penyebaran Covid-19.

“Keamanan tidak bisa dibebankan hanya kepada kepolisian saja, kita harus bersatu bersama seluruh elemen masyarakat untuk menjaganya,” katanya. (ks14) 

Editor : Tedjo