Beranda Otomotif Jangan Asal Modif Lampu Mobil, Ada 5 Bahaya Yang Mengintai

Jangan Asal Modif Lampu Mobil, Ada 5 Bahaya Yang Mengintai

Ilustrasi Lampu Mobil
Batam, Keprisatu.com – Memasang Aksesori mobil memang bukan sesuatu hal yang baru. Dengan berbagai pertimbangan, banyak pemilik kendaraan ingin meningkatkan tampilan dari mobilnya agar sesuai dengan keinginan pemilik kendaraan tersebut.
Salah satu yang paling banyak mendapatkan modifikasi adalah pada sistem penerangan atau lampu mobil. Namun ternyata hal ini bisa merugikan pemilik mobil jika dilakukan dengan sembarangan.
Berikut bahaya lampu variasi mobil yang harus Anda ketahui. Tentunya terdapat beberapa faktor yang membuat pemilik kendaraan ingin mengganti atau bahkan menambahkan lampu variasi pada kendaraannya.
Selain karena lampu bawaan dirasa kurang terang, alasan lain adalah lantaran ingin tampil beda atau mengikuti tren. Namun bukan berarti Anda bisa dengan semaunya memasang lampu variasi pada mobil, Anda tetap harus memperhatikan pertimbangan keselamatan dan penyesuaian saat ingin memasang lampu variasi pada mobil.
Dirangkum dari berbagai sumber, berikut bahaya lampu variasi mobil yang harus Anda ketahui.

1. Melanggar Lalu Lintas

Ilustrasi Pelanggaran Lalu Lintas
Hal pertama yang mungkin saja akan Anda dapati jika sembarangan memasang lampu variasi pada mobil adalah berurusan dengan pihak berwajib. Hal ini terjadi lantaran modifikasi yang Anda lakukan menyalahi aturan yang berlaku.
Salah satu yang paling mudah adalah mengganti warna lampu mobil secara sembarangan, padahal warna lampu pada kendaraan ini sudah baku dan tak boleh asal ganti.
Seperti mengganti lampu rem dengan warna selain merah atau lampu sein selain warna kuning. Jika Anda tetap bersikeras melakukannya, maka siap-siap kena tilang dari pihak berwajib.

2. Rawan Korsleting Listrik

Ilustrasi Aki Mobil, harus diingat bahwa modif harus tetap mengedepankan safety
Bisa jadi korsleting listrik merupakan dampak paling bahaya yang bisa saja Anda alami jika memasang variasi lampu mobil dengan sembarangan. Tentu saja akibat dari korsleting ini sangat berbahaya, bisa-bisa nyawa Anda menjadi taruhannya.
Saat memasang variasi lampu berlebihan, maka otomatis akan ada banyak kabel yang diperlukan.
Jika kabel tersebut tidak sesuai dengan kapasitas maka bisa terjadi korsleting, belum lagi pemasangan yang asal-asalan akan semakin memperbesar risiko korsleting.

3. Boros Aki

Ilustrasi, Ubahan lampu yang tidak aman juga akan menimbulkan aki cepat boros
Aki menjadi lebih boros merupakan bahaya lampu variasi mobil berikutnya yang harus Anda ketahui.
Dengan memasang lampu variasi mobil, maka tentu saja daya yang diperlukan akan bertambah besar dan ini tentu saja akan membuat aki menjadi lebih boros.

4. Membuat Silau Pandangan Pengemudi Lain

Ilustrasi, Bahaya lainnya adalah juga membuat pengemudi lain menjadi silau
Bahaya lampu variasi mobil adalah membuat silau pandangan pengemudi lain. (PublicDomainPictures/Pixabay)
Memasang variasi lampu mobil juga bisa membahayakan orang lain. Hal ini bisa terjadi pada saat Anda memasang variasi lampu mobil secara berlebihan dan tidak memedulikan pengguna jalan lain.
Lampu variasi yang berlebihan bisa membuat pandangan pengendara lain menjadi silau. Pada saat mata silau pandangan, sesuatu yang buruk bisa saja terjadi misalnya kecelakaan.
5. Membuat Pandangan Pada Jalan Jadi Terbatas
Siapa bilang memasang lampu variasi dengan berlebihan pada mobil tak bisa membahayakan diri sendiri? Nyatanya menggunakan variasi lampu mobil ini juga bisa menyusahkan diri.
Terkadang karena lampu variasi yang dipasang tidak sesuai malah akan memberikan penerangan jalan yang buruk. Apalagi jika lampu yang digunakan berwarna putih terang dan dinyalakan dalam kondisi hujan.
Hal tersebut bisa membuat Anda salah merepresentasikan kondisi jalanan yang saat itu sedang dilalui dan pandangan kabur. Jika sudah begini risiko kecelakaan juga dapat mengintai.
Tidak menjadi soal jika Anda ingin meningkatkan estetika mobil dengan memasang modifikasi atau menambahkan variasi. Tapi Anda juga harus memperhatikan segala dampak buruk yang bisa saja terjadi bagi diri sendiri maupun orang lain.
Itulah beberapa bahaya lampu variasi mobil yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk mengaplikasikannya pada mobil kesayangan Anda.
Sumber: cnnindonesia.com