Kepala Cabang BPJamsostek Kota Batam, Surya Rizal.

Keprisatu.com – Subsidi Rp600 ribu per bulan bagi pekerja bergaji Rp5 juta ke bawah sudah cair, lho. Bagi yang belum dapat tak perlu kecewa, yang menunggak iuran BPJamsostek juga tetap akan dicairkan.

“Peserta yang masih aktif dan tercatat di BPJamsostek sampai dengan bulan Juni 2020, walau nunggak iuran tetap akan dapat bantuan,” papar Kepala Cabang BPJamsostek Kota Batam, Surya Rizal menjawab Keprisatu, Senin (31/8/2020).

Surya berharap bagi pekerja yang belum dapat namun memenuhi persyaratan agar bersabar, karena memang baru sebagian yang sudah ditransfer.
Bantuan sebesar Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan itu, diproyeksikan dapat dinikmati oleh 15,7 juta pekerja. Namun, realisasinya untuk tahap awal baru diberikan pada 2,5 juta pekerja.

” Untuk saat ini atau Minggu lalu baru sejumlah itu yang ditransfer secara bertahap,” sebut Surya.

Dalam pada itu, Kepala Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan, Soes Hindharno mengajak agar pekerja tak keburu emosi lantaran merasa berhak menerima, namun tidak terdaftar.

Soes mengimbau, apabila memang semestinya memenuhi syarat dan merasa terdaftar sebagai peserta BPJamsostek, agar memastikan langsung ke lembaga bersangkutan.

“Pengaduan kita bagi menjadi dua, pertama apabila merasa bekerja di perusahaan dan merasa mempunyai kartu kepesertaan aktif di BPJamsostek kok tak menerima, biar enak daripada mengadu ke tempat lain malah salah alamat,” ujar Soes, Minggu (30/8).

“Langsung datangi BPJamsostek, bisa kantor BPJS terdekat atau kontak ke kantor BPJS pusat. Silakan tanyakan kartu kepesertaan aktif di databasenya, itu solusi lebih baik daripada mengadunya ke tempat lain,” sambungnya.

Selain itu, lanjut Soes, pengaduan juga bisa dilakukan ke Kemnaker atau melalui website kemnaker.go.id.(KS 04)