Inilah lokasi paralayang di Sembulang Pulau Rempang , Kota Batam

Keprisatu.com – Kota Batam akan diramaikan dengan even paralayang tahun 2021. Lokasinya di Sembulang  Pulau Rempang, Kota Batam. Untuk memastikan lokasi, panitia melakukan peninjauan venue Paralayang pada Jumat (26/3) di Bukit Gendang Sembulang Pulau Rempang.

Komandan Pangkalan TNI UA Hang Nadim Letkol Penerbang Iwan Setiawan S.A.P saat  peninjauan/survai venue Paralayang  mengatakan bukit ini sangat bagus, dan luar biasa. “Luarbiasa bagus, kondisi lingkungan baik . Juga kondisi angin yang konstan, pemandangan yang indah dan ini sangat cocok untuk pencinta olahraga paralayang ini lokasi bukitnya lebih bagus dari pada yang ada di Jogja dan tempat lain di indonesia,” ujar Iwan Setiawan. Iwan juga mengatakan akan memberi nama bukit Raja Hang Nadim .

Dengan ketinggian 700 meter lebih, sekelilingnya terbuka sangat lokasi ini sangat cocok untuk paralayang terbang dan pendaratan olahraga dan wisata dirgantara di wilayah Batam. Dia berharap dapat diperhatikan pemerintah secara berkelanjutan. Hal ini penting agar pembangunan wisata paralayang dan gantole di Batam, bisa saling terintegrasi.

Dalam pengembangannya nanti akan dibangun beberpa gazebo dan tempat santai/kongkou serta akan dihijaukan. “Kedepan ada penjual makanan yang akan di tata untuk meningkatkan UMKM masyarakat sekitarnya,” ujar Iwan Setiawan.

Sementara itu Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Batam Balai Besar KSDA Riau, Decky Hendra Prasetya yang turut hadir, mengatakan mendukung apa yang dilakukan oleh  Iwan Setiawan.

Terkait di lokasi penerbangan dan pendaratan atlet olahraga paralayang di bukit Rempang,  selain tempat tinggal landas atau terbangnya, lokasi pendaratan yang berada di Lapangan di bawah akan ditata dan diperhatikan.

“Hal ini penting agar wisata dan olahraga ini semakin menarik dan memiliki efek ekonomi bagi masyarakat,” katanya.

Usep RS Ketua KONI Kepri, menyampaikan semoga dengan adanya sarana olahraga paralayang dan akan dikembangkan lagi untuk gantole dan airmodling. “Tempat ini sangat cocok bagi masyarakat pencinta olahraga paralayang pencita dirgantara. Kedepanya semoga akan muncul atlit paralayang di Batam dan Kepri,” ujar Usep RS.

Untuk itu  diperlukan dukungan dari lainnya sehingga lokasi ini bisa benar-benar representatif bagi masyarakat dan wisatawan baik lokal dan manca negara, seperti Singapura. Karena tidak ada tempat seperti ini semoga akan meningkatkan pariwisata di Batam dengan sport tourism.

Adreas Bambang sebagai insyruktur yang berlisensi  international mengatakan
“Yang perlu diperhatikan juga adalah keberlanjutan olahraga wisata ini. Makanya selain dukungan sarana prasarana, pelatihan untuk mencetak atlet paralayang dari warga lokasi juga diperlukan,” jelas Andreas Bambang.

Komandan Lanud Hang Nadim Letkol Pnb Iwan Setiawan menambahkan Pak Walikota Batam Pak Rudi akan mendukung dan perhatiankan di lokasi paralayang di Bukit Gendang Rempang, serta mendorong perkembangan wisata dan ekonomi di wilayah Rempang. Apalagi di wilayah Barelang saat ini telah berkembang sejumlah tempat wisata.

Iwan mengatakan bulan oktober 2021 akan dilaksanakan event Pelangi Nusantara  TNI AU TA 2021. Pesertanya Angkatan Udara dari mancanegara dan pelaksanaan Kejurnas Paralayang dan akan dibuka oleh KASAU sekaligus meresmikan tempat ini.

“Mohon dukungan pemerintah Kota batam dan Provinsi Kepri dan masyarakat sehingga meningkatkan wisatawan di masa pandemi covit 19. Kami berharap keberadaan wisata ini bisa diintegrasikan dengan yang lainnya yang punya potensi UMKM yang khas Melayu. Selain sarana prasarana kita juga mendorong agar pengembangan sumber daya pengelola wisata juga dilaksanakan,” jelasnya. (KS15)

Editor : Tedjo