Suasana rapat dengar pendapat Komisi 9 DPR-RI bersama Pemko Batam

Keprisatu.com – Komisi IX DPR RI menyarankan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Batam agar bisa mengontrol penyebaran Covid-19. Bila perlu buat kebijakan yang lebih keras agar masyarakat bisa mematuhi protokol kesehatan (protkes) dengan ketat.

Anggota Komisi IX DPR RI, Fitriani Fauzi mengatakan, ketegasan pemerintah daerah dalam mengatur masyarakatnya untuk mematuhi protkes wajib dilakukan. Terutama di tempat-tempat umum agar bisa menekan penyebaran virus Corona ini

“Kami melihat langsung disini (Batam), penerapan protkes masih kurang. Teman-teman yang sudah deluan kesini juga bilang,” katanya, Senin (15/2/2021) di Graha Kepri.

Komisi IX DPR RI yang membidangi Kesehatan menuturkan, beberapa tempat umum yang harus menjadi perhatian khusus seperti restoran dan cafe, serta beberapa lokasi yang sering dijadikan tempat nongkrong oleh warga Batam.

Menurutnya, kurangnya protkes yang mereka dapatkan ialah tempat cuci tangan, serta penyediaan hansanitezer dan tidak ada pengadaan berbagai alat protkes lainnya.

“Yang kami lihat beberapa tempat keramaian tidak ada alat cuci tangan, tapi kami tidak tahu apakah masyarakat tetap menggunakan masker atau tidak,” ujarnya.

Saat ini, pentingnya langkah tegas tersebut diakuinya sangat perlu dilakukan apabila Pemko Batam memang berniat guna mengembalikan angka wisatawan yang menunjang pertumbuhan ekonomi.

Dimana sebagai salah satu wilayah perbatasan, sektor pariwisata Kota Batam saat ini tengah dalam keadaan terpuruk.

“Hanya untuk lokasi umum, karena apabila di Bandara tadi sudah kita lihat mengenai kesiapannya yang sangat ketat,” jelasnya.(KS10).

Editor : Joko