Buralimar

Keprisatu.com – Tim Gugus Bersatu Lawan Covid-19 Kepri di Batam mengidentifikasi ada dua klaster Covid-19 yang sedang bertumbuh di kota industri ini.

Ketua Tim Gugus Bersatu Lawan Covid-19 Kepri di Batam, Buralimar mengungkapkan dua klaster yang sedang tumbuh itu adalah klaster perkantoran dan perusahaan indoor.

”Dua klaster Covid-19 ini sekarang harus diwaspadai. Jangan sampai makin membesar,” tutur Buralimar kepada Keprisatu, Kamis (10/9/2020).

Identifikasi dua klaster itu diperoleh Tim Gugus Bersatu Lawan Covid-19 Kepri dari para dokter relawan yang ada di Batam. ”Jadi ini berdasarkan dokter relawan kami di lapangan,” sambung Buralimar.

Untuk itu, Tim Gugus Bersatu Lawan Covid-19 Kepri di Batam sedang menyosialisasikan Ventilasi, Durasi, dan Jarak atau disebut dengan VDJ.

”Dengan sosialisasi ventilasi ini harus dihindari ruang publik atau transpotasi publik dengan ventilasi atau sirkulasi udara yang tertutup,” sebut Buralimar.

Kemudian terkait durasi, harus dikurangi bertemu dan bercakap dengan orang lain. Maksimal percakapan 5-15 menit. Jika melebihi waktu tersebut sebaiknya dilakukan secara online.

Buralimar juga mengajak masyarakat Batam untuk terus menjaga jarak di ruang publik sejauh dua meter. ”Jumlah orang di ruang publik itu pun harus diatur, harus dibatasi,” ujarnya. (KS 04)