Ini camilan untuk imunitas anak di masa pandemi
Ilustrasi

Keprisatu.com – Camilan bisa juga meningkatkan imunitas tubuh anak di masa pandemi. Bila daya tahan tubuh baik, pun tumbuh kembang anak akan lebih optimal.

Berbagai jenis camilan sehat bisa anak konsumsi sejak dini guna meningkatkan kesehatan dan imunitas anak. Jangan lupa berikan contoh baik, sehingga anak mau makan camilan sehat.

Sosiolog Dr. Erna Ermawati Chotim, MSi, mengatakan bahwa keluarga memegang peranan sebagai institusi pembentuk pola makan sehat. Sesuatu yang berkaitan dengan makanan seperti camilan jadi bentuk pola asuh di keluarga untuk mengenalkan jenis-jenisnya.

“Jadi, kalau keluarga itu relatif suka makanan sehat, pasti akan tersaji di menu makan sehari-hari dan anak terbiasa mengonsumsinya” kata Erna, dikutip dari HaiBunda, Jumat (2/4/2021).

Sebaliknya, jika orang tua tidak suka makan camilan sehat, pasti anak tidak akan terbiasa mengenal jenis makanan ini. Padahal, kondisi tersebut bisa menciptakan kebiasaan makan anak.

“Ketika tidak ada penyajian, anak jadi tidak terbiasa,” ujar Erna.

Camilan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh anak tidaklah sulit. Terkadang, buah-buahan kaya vitamin saja sudah cukup menambah energi anak agar tak mudah sakit.

Jadwal makan camilan juga bisa mengatasi anak yang kelaparan setelah tiga atau empat jam makan besar. Biasanya, jadwal makan di antara waktu makan utama atau setelah anak beraktivitas.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut camilan sehat kaya nutrisi untuk penambah daya tahan tubuh anak di masa pandemi:

1. Yogurt

Yogurt adalah camilan sehat yang bisa jadi sumber protein dan kalsium bagi anak. Seperti kita tahu, kalsium penting untuk pertumbuhan tulang.

Beberapa yogurt juga mengandung bakteri hidup yang baik untuk sistem pencernaan. Bila saluran cerna sehat, daya tahan tubuh anak juga akan meningkat.

Sebuah studi menemukan, anak-anak yang makan yogurt memiliki risiko 19 persen lebih rendah terkena pilek, infeksi telinga, dan radang tenggorokan. Carilah produk yogurt yang rendah gula dan tidak menggunakan pewarna tambahan untuk anak.

2. Kacang kenari

Kacang kenari mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan. Para ahli percaya, omega 3 ini bisa membantu tubuh melawan penyakit.

Studi bahkan menemukan bahwa omega 3 di kacang kenari mampu mengurangi jumlah infeksi saluran pernapasan pada anak-anak. Konsumsi kacang kenari sebagai camilan bisa dengan campuran sereal atau segelas susu.

3. Buah dan sayuran

Buah dan sayuran jadi senjata ampuh untuk memenuhi asupan nutrisi anak dari camilan. Kandungan vitamin dan mineral di buah dan sayur bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Bunda bisa memberikan buah jeruk dan sayur brokoli untuk camilan Si Kecil. Kedua makanan ini mengandung vitamin C yang bisa menjaga imunitas tubuh.

4. Keju

Keju sebagian besar mengandung lemak dan kalsium. Studi menunjukkan bahwa makan keju dan produk susu lainnya mengacu pada kualitas pola makan sehat.

Keju juga mengandung protein, vitamin A dan D. Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan dan membuat anak merasa kenyang di antara waktu makannya.

Keju bisa disajikan sebagai camilan sandwich yang dicampur sayuran. Bunda dapat menambahkan daging tanpa lemak sebagai isian sandwich.

5. Oatmeal

Oatmeal adalah sarapan sehat yang mengandung serat tinggi. Serat larut dalam oatmeal dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di saluran pencernaan Si Kecil.

Bunda bisa memberikan oatmeal serealia utuh untuk memenuhi nutrisi anak. Semua makanan dari serealia utuh biasanya mengandung vitamin, asam folat, dan zat besi.

Selain bisa memenuhi asupan energi dan menjaga daya tahan tubuh, oatmeal juga mengenyangkan. (ks04)