Suasana Launching Event MB2 Bike Festival di Mall MB2

 

Keprisatu.com – Biasanya balap sepeda dilakukan di tempat khusus, namun berbeda kali ini. Tanggal 20 hingga 28 Maret 2021 mendatang, parkiran mall MB2 akan disulap menjadi arena balap sepeda.

“Kita akan buat arena balap sepeda di parkiran mall MB2,” kata Perwakilan Komunitas Graviti Batam, Djohan Effendy usai Launching Event MB2 Bike Festival di Mall Mall Botania 2 (MB2), Selasa (9/2/2021).

Kata Djohan, untuk arena balap sepeda ini, pihak panitia sudah mempersiapkannya secara khusus. Kata dia, tidak hanya arena saja yang dibuat, tapi pihak panitia akan membuat rintangan tersendiri.

“Untuk arena balap sepeda ini panjangnya lebih kurang 200 meter, kami akan tempatkan rintangan baik di kiri dan kanan arena balap,” ujarnya.

Kata dia, ada beberapa perbedaan arena balap sepeda di tempat biasa dengan diseputaran parkir mall MB2. Misalnya, kultur tanahnya tidak sama, kalau ditempat biasa tanah dan lebih lembut, tapi kalau di parkiran mall MB2 pavling blok dan lebih keras.

“Peserta yang akan ikut lomba ini harus dilengkapi dengan bodi protektor yang standar seperti helm, pelindung badan hingga sarung tangan. Demi keamanan bersama, pihak panitia juga akan memberikan asuransi selama pertandingan untuk pembalap dan juga penonton yang apabila tertabrak sepeda selama perlombaan,” ucapnya.

Kata Djohan, ada beberapa kelas yang dilombakan yakni kelas Youth anak usia dibawah 16 tahun, kelas Open usia 17-19 tahun, kelas Master A usia 30-39 tahun, kelas Master B usia 40 tahun keatas dan kelas Expert.

“Perlombaan ini terbuka untuk umum dan pendaftaran berbayar. Untuk peserta kami batasi 70 hingga 100 orang saja,” ujarnya.

Untuk rangkaian acara nanti sambungnya, tidak hanya balap sepeda saja, tetapi ada juga kegiatan lainnya seperti fun afternoon ride, bike expo, bike photography Contes, BMX freestyle, Batam Coffee expo, Icip-Icip foodfest part3.

“Acra mulai 20 sampai 28 Maret 2021 mendatang, khusus untuk balap sepeda dimulai dari tanggal 26 sampai 28 Maret 2021. Kami juga kerjasama dengan Black Horse Production,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua ISI Provinsi Kepri Fadli mengatakan, adanya Iven MB2 Bike Festival ini sekaligus mencari bibit-bibit atlit sepeda. Kata dia, Pengurus Besar ISI Pusat memang menargetkan untuk memenangkan pertandingan di Olimpiade tahun 2022 mendatang.

“Perlombaan ini sekaligus mencari bibit-bibit baru atlit sepeda. Dari sekarang inilah dibina prestasinya,” katanya.

Kata Fadli, dalam MB2 Bike Festival ada kategori anak diumur 20-22 tahun. Dimana umur tersebut merupakan usia belia yang bisa menjadi atlit yang dihandalkan.

“Kalau pertandingan sepeda yang dinilai kecepatan dan waktunya,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Bulariman mendukung penuh kegiatan ini. Namun, ia meminta pihak penyelenggara harus mematuhi protokol kesehatan dengan ketat selama acara berlangsung.

“Kita dukung, dengan dibuatnya acara ini. Sektor pariwisata harus dihidupkan kembali,” ucapnya.

Kata dia, pemerintah Provinsi telah mengeluarkan kalender ivent sepanjang tahun 2021. Kata dia, Iven yang dilaksanakan bukan hanya saja musik, seni dan lainnya, balap sepeda seperti ini juga salah satu Iven pariwisata.

“Saya sampaikan tadi bahwa harus ada iven ekonomi sektor pariwisata, seperti iven yang diselenggarakan Black Horse Production ini. Tapi harus ingat protkes harus dijalankan dengan ketat,” ujarnya.

Kata di, tidak hanya iven ini saja, tapi ada iven lainnya. Ia optimis bahwa dunia pariwisata di Kepri akan bergairah kembali dan akan kembali normal seperti sedia kala.

“Kita akan mendukung penuh, meskipun bukan hanya materi, tapi kami bisa memberikan dukungan dalam bentuk rekomendasi dan lainnya,” ujarnya.(KS10).

Editor : Joko