Mega proyek Meisterstadt atau Pollux Habibie di Kota Batam Provinsi Kepri.

Keprisatu.com – Pollux Habibie Financial Center & International Hotel bakal menjadi ikon baru Kota Batam, Provinsi Kepri  sekaligus Indonesia. Tingginya diperkirakan hampir dua kali lipat Marina Bay Sands Singapura.

Tinggi ikon baru berjuluk ”Meisterstadt” akan dibangun sekitar 350 meter. Lokasinya strategis di jantung Kota Batam. Dekat dengan Terminal Feri Internasional Batam Centre menuju Singapura, serta tidak jauh dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Direktur Utama PT Pollux Indonesia Tbk, Suryo Atmanto mengatakan proyek ini merupakan bagian dari upaya turut serta mendorong pemulihan sektor pariwisata Indonesia, yaitu dengan menghadirkan infrastruktur berkelas internasional di Pulau Batam.

“Proyek ini kolaborasi bersama dengan keluarga BJ Habibie. Dinamakan Meisterstadt atau Pollux Habibie,” ujar Suryo, Jumat (13/11/2020), sebagaimana laman Bisnis.com mengutipnya.

Perusahaan menunjuk PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk sebagai main contractor untuk membangun proyek mega superblok tersebut.

Dia menuturkan empat tower apartemen yang telah selesai dibangun dalam kurun waktu 24 bulan pada fase pertama ini telah laris dengan harga jual 30 juta per meter persegi.

“Jika kita membangun akomodasi penunjang pariwisata seperti hotel atau apartemen dengan fasilitas lengkap, wisatawan atau bahkan investor akan tertarik untuk kembali mengunjungi Indonesia. Seperti rumah sakit keinginan dari almarhumah Ibu Hasri Ainun Habibie yang rencananya akan dibuat setaraf dengan Mount Elizabeth Hospital Orchard yang ada di Singapura,” ucapnya.

Pembangunan superblok Meisterstadt berdiri di atas luas lahan seluas 9 hektar. Superblok terintegrasi pertama di Batam ini terdiri atas 11 gedung pencakar langit yang di antaranya delapan menara apartemen dengan total 6.500 unit, hotel, rumah sakit internasional, menara perkantoran, mal, pertokoan, dan universitas.

Mega Superblok yang terletak di kawasan Batam Centre, Batam, Kepulauan Riau ini dibangun atas ambisi Presiden ke-3 RI BJ Habibie untuk mewujudkan Batam sebagai kota maju dan terdepan di Indonesia.

Menghadirkan konsep yang mengedepankan kualitas hunian ramah lingkungan dengan menerapkan teknologi integrated vertical city dari Jerman yang merupakan usulan BJ Habibie sendiri.

Presiden Komisaris Pollux Habibie International Ilham Akbar Habibie menuturkan Batam telah menjadi tempat yang menawan bagi Habibie.

“Impian beliau untuk memajukan dan mengembangkan Batam menjadi kota yang sempurna dari segala sisi. Meisterstadt adalah wujud nyata keluarga Habibie untuk mewujudkannya. Outcome-nya, investor yang melirik Meisterstadt, juga berpotensi melakukan investasi,” ucapnya. (ks04)

editor: arham