Keprisatu.com – Humas Protokol dan Penghubung merupakan satu biro vital dan strategis di Pemprov Kepri. Alokasi anggarannya pun tidak main-main. Di saat refocusing anggaran gegara pandemi covid-19, anggaran biro ini tetap di berada atas OPD lain.

Dari penelusuran keprisatu.com, biro ini mendapatkan alokasi anggaran tahun 2021 mencapai Rp61,592 miliar. Ini alokasi yang terbilang besar jika melihat alokasi ke sejumlah OPD lainnya.

Sebut saja, alokasi beberapa OPD yang berhubungan langsung ke masyarakat. Misalnya Dinas Sosial yang hanya mendapat Rp23,320 miliar, Dinas Perhubungan Rp55,945 miliar, dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik sebesar Rp34,629 miliar. Belum lagi, Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah yang cuma Rp21,900 miliar, serta Dinas Penanggulangan Bencana Daerah sekecil Rp9,998 miliar.

Dengan anggaran sebesar Rp61 miliar lebih, Biro Humas, Protokol, dan Penghubung Pemprov Kepri mendapat beban tugas dan fungsi yang tidak ringan. Antara lain fungsi-fungsi itu mulai dari penyiapan, perumusan, penyusunan, pengkoordinasian, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, sampai pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lainnya. Tentu semuanya masih dalam lingkup bidang humas dan dokumentasi, protokol, serta penghubung dan kerja sama.

Kemudian dalam lingkup kerja setidaknya biro ini terbagi menjadi bidang humas dan dokumentasi, protokol, penghubung kerja sama dan jabatan fungsional.

Penyerahan SK PTT yang Baru

Guna mengemban tugas-tugas, fungsi, dan lingkup bidang kerja itu, biro humas kini mempunyai personel dengan total pegawai sebanyak 193 orang.

Jumlah personel tidak hanya yang bertugas di kantor Dompak Tanjungpinang. Tetapi termasuk di Kantor Penghubung Jakarta dan kantor Graha Kepri, Batam. Sejauh ini biro humas pernah  mengusulkan 49 orang PTT untuk membantu kelancaran tugas dan fungsi-fungsi tersebut. Namun hanya 45 orang yang memenuhi syarat.

Pada Selasa (9/2/2021), Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah telah  menyerahkan SK PTT di Lingkungan Biro Humas Protokol dan Penghubung Setda Provinsi Kepri, di Aula Wan Sri Beni, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (09/02).

BACA JUGA: Prestasi Kepri Nomor 5, Ekonomi Nomor 33

Plt Kepala Biro Humas Protokol dan Penghubung Pemprov Kepri, Zulkifli yang mendampingi Sekdaprov saat itu, meminta kepada seluruh pegawai, baik PTT yang baru hingga THL yang baru bergabung, agar selalu menjaga kedisiplinan dan bekerja dengan baik.

‘’Mohon jaga kedisiplinan, jaga nama baik serta rahasia negara. Bekerjalah dengan baik. Untuk tahun 2021, jika ada pegawai yang tidak masuk selama 7 hari, akan kami berhentikan,” tegas Zulkifli yang pernah menjalani profesi sebagai wartawan ini.

Dia juga menjelaskan pada tahun 2022, sebelum seorang menandatangani perjanjian kerja, maka akan mengikuti tes psikologi untuk menentukan layak atau tidaknya seorang pegawai bekerja di Bagian Humas, Protokol dan Penghubung.

“Jadi penempatan pegawai ke depan akan lebih objektif. Akan sesuai dengan kapabilitas,” imbuhnya. (ks04)

editor: arham