Ponton ini nyaris yanyut saat tali pengikatnya putus

Keprisatu.com – Lantaran acuaca ekstrim yang terjadi, Ponton pelabuhan Bulang Linggi Kelurahan Tanjunguban Kota, Kecamatan Bintan Utara Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, putus dan nyaris hanyut, Sabtu (9/1/2021).

Ponton untuk menaikkan penumpang dan menurunkan penumpang jasa sped bout ini, nyaris hanyut karena tali penghubung ke tiang, putus.

Ponton ini sudah mengalami dua kali lepas dari tiangnya. Hal ini terjadi diduga keras akibat cuaca yang ekstrim angin kencang sehingga laut bergelombang.

Peristiwa ponton lepas dari tiang ini,  sudah dua kali dalam minggu ini terjadi. Sehingga proses naik turunnya penumpang  melalui darmaga atau tangga beton yang berada dipelabuhan Bulang Linggi, menjadi terkendala.

Pasca lepasnya ponton tersebut, pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Bintan beserta jajarannya, langsung turun ke lapangan atau TKP guna mengevakuasi.

Doni, salah satu Pegawai Dishub Kabupaten Bintan mengikat ponton tersebut dari empat penjuru. “Ini guna menahan ponton tersebut agar tidak lari kemana – mana,” ungkap Doni.

Menurutnya, ponton tersebut untuk sementara diamankan dulu dari hal – hal yang bisa mengakibatkan menabrak kendaraan lain, ataupun rumah – rumah atau bangunan yang berada di sekitarnya.

Apalagi menggingat curah hujan masih deras dan laut yang bergelombang untuk sementara ponton tersebut dianggap aman, diikat di sebelah Dermaga Beton Bulang Linggi.

Ini video kondisi ponton setelah berhasil diselamatkan saat nyaris hanyut akibat gelombang :

Ponton ini merupakan fasilitas umum yang saat ini mengalami dampak dari bencana alam ini. “Karena digunakan  umum, maka harus  cepat dan tepat dalam penangganannya. Ini juga demi hajat hidup orang banyak,” ujar Doni. (ks05).

Editor : Tedjo