JKP, tersangka penghina Institusi Kepolisian

Keprisatu.com – Seorang pemuda di Batam berinisial JKP, diciduk oleh Opsnal Polsek Batam Kota  Minggu (30/8/20). Konon dia diciduk   lantaran diduga menghina instansi Kepolisian di Medsos Facebook di Group Wajah Batam (Hot News) dengan menggunakan akun Khasatria Khasatria.

Kapolsek Batam Kota AKP Restia Octane Guchi mengatakan, kasus ini berawal pada hari Minggu (30/8/20) sekira pukul 03.30 WIB, anggota Opsnal Polsek Batam Kota sedang membawa para pelaku pencurian yang sebelumnya diamankan dari daerah Batuaji.

“Jadi sesampainya di lampu merah Simpang Kara, anggota Opsnal melihat anak-anak pemuda yang sedang melakukan balap liar, hingga menghalangi masyarakat yang sedang melewati jalan tersebut,” ujarnya Rabu (2/9/20).

Kemudian, anggota Opsnal melakukan tindakan pembubaran dan mengamankan dua orang pemuda yang tidak dikenal, sedang ikut melakukan balap liar.  Selanjutnya kedua pemuda tersebut dibawa oleh anggota Opsnal ke Polsek Batam Kota, karena tidak bisa memperlihatkan surat-surat kendaraannya.

“Sampai di Polsek Batam Kota, anggota Opsnal Brigadir Aprigon Tambunan menjelaskan kepada kedua pemuda tersebut, apabila mau mengambil sepeda motornya silahkan ambil surat-suray kendaraannya sebagai pegangan kami untuk melaporkan ke pimpinan,” ujarnya.

Namun, saat itu salah satu pemuda itu tidak terima . Dia malah meminta sepeda motor Vixion yang dibawa polisi, dikembalikan karena sepeda motor tersebut bukan miliknya.

Namun anggota Opsnal menolak permintaannya dan menyarankan agar  pemilik sepeda motor yang sebenarnya datang sendiri ke kantor dan membawa surat-surat kendaraannya dan baru bisa dikeluarkan sepeda motor tersebut.

“Namun pemuda tersebut seperti marah dan langsung pergi,” jelas sang Kapolsek.

Masalah muncul. Tak berapa lama kemudian sekira jam 04.00 WIB Panit Reskrim Ipda Yustinus Halawa sedang membuka akun FBnya dan membaca di Group Wajah Batam (Hot News) , muncul kata- kata penghinaan yang ditujukkan ke personil Polsek Batam Kota yang mengendarai mobil BP 1341 JE.

Selanjutnya, melihat hal tersebut Panit Reskrim langsung memberitahukan kepada Opsnal dan selanjutnya melaporkan ke Kanit Reskrim atas postingan berbau penghinaan tersebut  dengan disertai bukti screenshot dari postingan akun FB atas nama Khasatria Khasatria di Wajah Batam (Hot News).

Kejadian ini  selanjutnya dilaporkan kepimpinan dengan menscreenshot postingan akun FB atas nama Khasatria Khasatria di wajah Batam (Hot News).

Guchi menambahkan, anggotanya selanjutnya mengamankan sepeda motor  pelaku  . Selanjutnya melakukan Take down terhadap postingan akun FB tersebut. Tapi belakang diketahui kalaum, “Ternyata motor yang dimilikinya juga hasil pencurian,” tutup AKP Restia Octane Guchi. (ks14)

editor : tedjo