Keprisatu.com – Bank Indonesia bakal meluncurkan uang pecahan khusus bertepatan dengan Hari Kemerdekaan ke-75 hari ini, Senin (17/8/2020) mulai pukul 11.15 WIB. Lima bank ditunjuk untuk melayani penukaran uang tersebut, yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan CIMB Niaga.

Kelima bank umum itu ditunjuk karena memiliki jaringan kantor cabang di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga dapat menjangkau masyarakat lebih luas dan merata dalam memberikan layanan penukaran UPK 75 Tahun RI kepada masyarakat diharapkan dapat lebih luas dan merata. Cabang bank umum sebagai lokasi penukaran UPK 75 Tahun RI dapat dilihat dalam menu aplikasi saat memilih lokasi penukaran.

Departemen Pengelolaan Uang BI menerangkan, uang rupiah pecahan khusus ini dikeluarkan dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan tertentu. Uang rupiah pecahan khusus merupakan alat pembayaran yang sah, namun biasanya tidak digunakan sebagai alat tukar. Uang ini juga merupakan sarana perkembangan numismatika (koleksi uang di Indonesia).

Setiap edisi yang dikeluarkan memiliki kemasan menarik dan unik sehingga sering dijadikan sebagai cendera mata. Rencananya, Gubernur BI Perry Warjiyo meresmikan peluncuran pengeluaran uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI itu. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga akan memberikan sambutan termasuk meresmikan peluncuran uang pecahan khusus bersama Gubernur BI.

Dalam peluncuran juga diagendakan penyerahan secara simbolis uang peringatan kemerdekaan 75 tahun kepada keluarga Proklamator secara virtual.

Masyarakat yang ingin mendapatkan Uang Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan RI dapat menukarkan uang Rupiah senilai Rp75.000 secara tunai dengan satu lembar UPK 75 Tahun RI yang memiliki nilai nominal senilai Rp75.000. Sebelum melakukan penukaran, masyarakat harus memesan jadwal dan lokasi penukaran secara online pada aplikasi PINTAR di website Bank Indonesia melalui tautan https://pintar.bi.go.id. (KS 08)