strain baru
Menkes, Budi Gunadi Sadikin

Keprisatu.com – Strain baru corona sudah masuk di Indonesia sejak Januari 2021. Nah, begini cara menghindarinya sesuai kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

“Beberapa negara di Eropa mengalami kenaikan kasus infeksi covid-19. Dari pengamatan kami, terjadinya lonjakan ini karena adanya strain baru. Di Indonesia sejak Januari juga sudah ada,” ungkap Menkes, dikutip Sabtu (27/3/2021).

Adapun untuk di Indonesia, lanjut Menkes, arahan dari Presiden Jokowi adalah mencari titik keseimbangan agar hasil penurunan angka infeksi covid-19 yang sudah bagus karena PPKM Mikro dan vaksinasi tidak kehilangan momentum.

“Sehingga angka infeksi covid-19 di Indonesia harapannya terus turun dan tidak mengalami lonjakan seperti di Eropa,” jelas Menteri Budi.

Nah, bagaimana cara menghindarinya? Lebih lanjut, Budi berpesan kepada masyarakat yang sudah vaksinasi agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Prokes 3M akan bisa menghindarkan setiap orang dari infeksi covid-19 secara umum dan juga strain barunya.

Pernyataan serupa juga pernah Pakar Epidemiologi Penyakit Menular Dr M Atoillah Isfandiari dr MKes ungkapkan. “Yang bisa menjamin orang tidak terinfeksi virus, apapun itu, adalah protokol kesehatan 3M,” tegas Wakil Dekan Bidang II Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga ini. (ks04)

BACA BERITA LAIN:

Sempat Melandai, Kasus Covid-19 Kepri Naik Lagi

7 Fakta Sebulan Ansar Ahmad Nakhodai Kepri

Pemerintah Berencana Potong Zakat 2,5 % dari Gaji PNS