Keprisatu.com – Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) dan Sulawesi Selatan (Sulut) kini sah menjabat periode 2021-2024. Presiden Jokowi sudah melantik kedua pasangan gubernur terpilih ini secara resmi di Istana Negara Jakarta, Senin (15/2/2021).

Adapun Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara terpilih adalah, Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP. Sementara itu, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara terpilih, yaitu Olly Dondokambey dan Steven Kandouw.

Pengangkatan keduanya berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) 19/P/2021 dan Keppres 21/P/2021.

Gelaran pelantikan di Istana Negara, Jakarta ini dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Dengan jumlah tamu undangan yang terbatas.

Saat prosesi pelantikan di mana kanal Youtube Sekretariat Presiden menyiarkannya, Jokowi menanyakan kesediaan para calon gubernur dan wakil gubernur sebelum pengambilan sumpah jabatan.

Cek di Sini: LIVE: Pelantikan Gubernur dan Wagub Kaltara dan Sulut Masa Jabatan 2021-2024, 15 Feb 2021

“Terlebih dahulu saya akan bertanya, bersediakah saudara mengucapkan sumpah menurut agama masing-masing?” kata Jokowi.

“Bersedia,” jawab para Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih.

Dalam prosesi itu, Jokowi kemudian meminta para Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih mengikuti dan mengulangi sumpah jabatan yang dibacakan di depan para tamu undangan.

Demi Allah/Demi Tuhan saya bersumpah/saya berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur/sebagai Wakil Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa.

Bagi saudara-saudara yang beragama Kristen/Protestan, semoga Tuhan menolong saya. 

Gubernur Kepri Belum Dilantik  

Kabar pelantikan pasangan Gubernur Kepri terpilih, Ansar Ahmad dan Marlin Agustina akan bersamaan dengan Kaltara dan Sulut, belum bisa terlaksana. Begitu juga dengan kabar pelantikan pasangan Gubernur terpilih Sulsel. Belum termasuk dalam pelantikan ini.

Sebelumnya, Arison, Komisioner KPU Provinsi Kepri kepada media daring ini, Kamis (11/2/2021), menjelaskan pelaksanaan Pengucapan Putusan/Ketetapan Hakim MK terhadap Perkara nomor 131/PHP.GUB XIX/2021 baru pada pukul 13.00 WIB tanggal 16 Februari 2021.

BACA JUGA: Ansar – Marlin Sah Menang Pilkada Kepri 2020

Jika lanjut ke Sidang Pembuktian dan Saksi, Arison memastikan  baru akan selesai pada sekitar awal Maret. Jika tidak lanjut (dissmisal), setelahnya masih ada tahapan Penetapan Calon Terpilih oleh KPU Provinsi Kepri. Selanjutnya, akan ada proses Pengajuan Penetapan dan Peresmian Calon Terpilih kepada Kemendagri melalui DPRD dan Pemprov Kepri. (ks04)