Arif Fadillah menyampaikan perihal masa jabatan Gubernur Isdianto
Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah.

Keprisatu.com – Masa jabatan Gubernur Provinsi Kepri, Isdianto, akan berakhir pada 12 Februari 2021. Selanjutnya akan ada penunjukan pejabat sementera dari Kemendagri, selama masa pilkada belum selesai atau masa transisi.

DPRD Kepri sudah menggelar Rapat Paripurna Pengumuman Berakhirnya Masa Bakti Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau masa jabatan Tahun 2016-2021 di kantor DPRD Kepri, Tanjungpinang, Rabu (3/2).

Sekdaprov Kepri TS Arif Fadilah yang menghadiri rapat tersebut mengakui masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri periode 2016-2021 berakhir sesuai pelantikannya tanggal 12 Februari 2016. Artinya masa jabatan ini berakhir pula pada tanggal yang sama. Nah, untuk mengajukannya ke Presiden melalui Kemendagri, harus ada surat dukungan paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri.

‘’Nantinya akan ada surat penunjukan dari Kemendagri siapa yang akan mendapat tugas. Terkait siapa yang mendapat tugas, kami pun tidak tahu. Yang jelasnya kami di pemprov sifatnya melaksanakan administrasi secepatnya. Karena ini bukan saja masa jabatan gubernur, tapi ada 3 kabupaten yang akan kita usulkan. Yaitu Natuna, Kepulauan Anambas, dan Lingga yang habis masa jabatan pada tanggal 17 Februari,’’ ujar Arif.

Setelah pengusulan, selanjutnya merupakan kewenangan Kemendagri menunjuk Pejabat Sementara selama prosesi pilkada belum selesai atau masa transisi.

“Khusus Kabupaten Bintan dan Kepulauan Anambas sekaligus pegusulan bupati dan wakil bupati definitifnya,” imbuh Arif.

Terkait pelantikan, Arif menjelaskan bupati dan wakil bupati yang masa jabatannya habis pada tanggal 17 Februari 2021 dengan proses pilkada tidak ada permasalahan, tetap akan ada pelantikan. Kewenangan Kemendagri yang akan menunjuk pejabat sementara.

“Masa jabatan periode sudah tertentu,  tidak boleh kurang juga tidak boleh ada penambahan. Kalau habis 17 Februari, ya harus lantik yang baru siapapun yang yang mendapat tugas dan penugasan oleh Presiden melalui Mendagri untuk melantik pada tanggal 17 itu,” jelas Arif.

DPRD Usul Pejabat Sementara ke Presiden

Wakil Ketua DPRD Kepri T Afrizal Dahlan saat memimpin paripurna membacakan naskah berakhirnya Gubernur Kepri masa jabatan Tahun 2016-2021.  Gubernur Isdianto SSos MM akan berakhir pada tanggal 12 Februari 2021.

Yang selanjutnya pimpinan DPRD Kepri mengusulkan kepada Presiden RI lewat Menteri Dalam Negeri sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku.

DPRD Kepri menyampaikan ucapan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Isdianto yang telah mengabdikan diri kepada Kepulauan Riau. Begitu juga kepada Gubernur Kepulauan Riau sebelumnya (Alm) Drs  Muhammad Sani dan Dr Nurdin Basirun, SSos, MSi yang telah memulai kerangka dan pondasi pembangunan Kepri masa jabatan tahun 2016-2021.

“Rasa hormat dan doa terbaik akan selalu kita panjatkan semoga Almarhum Bapak Muhammad Sani, Allah SWT menerima  segala amal kebaikannya dan menempatkan di sisi orang-orang yang beriman. Amin,’’ ungkap Afrizal. (ks04)

editor: arham