Selain pagelaran dan pentas Seni Budaya Sunda, event Soenda Fest 2023 juga menghadirkan bazar ratusan pelaku UMKM di kota Batam/ Dok: Istimewa
Batam, Keprisatu.com – November mendatang, akan ada pagelaran seni dan budaya serta bazaar UKM yang berlangsung di Dataran Engku Putri, Batam Centre, yaitu gelaran yang bertajuk Soenda Fest 2023.
Dalam Bazaar UKM Soenda Fest 2023 dibagi dua kategori, yakni pelaku UKM khusus dari warga paguyuban dan organisasi kesundaan yang ada di kota Batam, dan untuk pelaku UKM yang umum.
Berdasarkan informasi dari panitia Soenda Fest 2023 bidang Bazaar UKM, ratusan pelaku UKM kota Batam telah menyatakan kesiapanya untuk mengikuti bazaar UKM di event tersebut dan telah melakukan pendaftaran serta pembayaran biaya sewa stand.
“Alhamdulillah per hari ini, untuk stand bazaar UKM yang umum diluar paguyuban kesundaan, sudah hampir habis tinggal beberapa stand lagi. Para peserta sudah melakukan proses pendaftaran dan pembayaran sewa stand” jelas Koordinator Bidang Bazar Soenda Fest 2023, Widyawati Ashira, Jum’at (13/10/2023) pagi.

Menurut Widya, para pelaku UKM dari kalangan umum yang ikutserta di bazar Soenda Fest 2023 terdiri dari pelaku UKM bidang kuliner dan non kuliner.
Untuk peserta bazaar kuliner terdiri aneka makanan dan minuman jajanan tradisional khas nusantara sampai yang kekinian. Sementara yang non kuliner terdiri dari stand busana muslim, parfum, produk herbal, dll.

Sementara untuk peserta bazar UKM khusus anggota paguyuban dan organisasi kesundaan, sampai berita ditayangkan, pihak panitia telah mengkonfirmasi sudah habis terjual.

Sebanyak 52 stand yang disiapkan oleh panitia untuk mengakomodir para pelaku usaha dari kalangan warga sunda ini, sudah habis terjual.

Menurut Wati, selaku koordinator bazaar UKM khusus warga sunda, stand bazaar yang dikelola pihaknya akan dibuat dengan konsep Kampung Sunda. Dimana di stand bazaar ini akan disajikan berbagai macam aneka makanan dan minuman tradisional khas warga sunda.

“Alhamdulillah untuk stand bazaar khusus pelaku UKM dari keluarga besar warga sunda sudah habis terjual. Khusus untuk bazaar ini semuanya kuliner baik makanan dan minuman khas dan tradisional suku sunda, yang akan dikemas dalam konsep kampung sunda” jelas Wati.

Ia menambahkan, berbagai jenis makanan dan minuman yang akan tersedia di stand kampung sunda diantaranya, serabi, cilok, siomay, batagor, basreng, seblak, aneka gorengan, cuanki, bubur ayam sunda dll. Untuk produk minuman terdiri dari bajigur, es oyen, es lilin, dll.

Ketua panitia Soenda Fest 2023, Aas Setiawan mengungkapkan, stand bazar UKM dihadirkan di kegiatan ini selain untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung saat menonton, juga memberikan peluang usaha bagi para pelaku UKM itu sendiri.
Selain daripada itu menurut Aas, momen Soenda Fest ini juga sebagai ajang promosi aneka makanan dan minuman tradisional khas warga Jawa Barat dan Banten, yang sangat beraneka ragam.

“Selama tiga hari event ini akan digelar, tentunya kita sebagai panitia harus memikirkan, bagaimana warga bisa antusias menyaksikan acaranya dan kita berikan kenyamanan agar mudah mencari makanan dan minuman saat menonton.
Ini juga momen untuk mempromosikan aneka makanan dan minuman khas warga Jabar dan Banten agar lebih terkenal” ungkap Aas.

Perhelatan Soend Fest 2023 agar digelar selama 3 hari mulai dari tanggal 3 sd 5 November 2023 di Dataran Engku Putri, Batam Centre.

KS10/Fjr