Ilustrasi mobil mewah

Keprisatu.com – Unit Reskrim Polsek Batam Kota berhasil mengamankan seorang pria berinisial HS (41) tersangka tindak pidana penggelapan dan penipuan mobil mewah di Perumahan Tropicana Kota Batam, Jumat (26/2/2021).

Kapolsek Batam Kota, AKP Restia Octane Guchi mengatakan berawal pada awal tahun 2020, tersangka mengajak korban Y (38) untuk berbisnis jual beli mobil, korban sebagai pemodal dan tersangka yang akan menjualkan mobil.

“Mulanya korban membeli mobil Harrier (masih daftar pencarian barang) lalu karena korban percaya mobil tersebut diserahkan oleh korban kepada pelaku untuk dijual serta korban memberikan BPKB, STNK dan kunci mobil Harrier kepada Pelaku,” ujarnya Senin (1/3/2021).

Setelah itu korban juga membeli mobil Mini Cooper yang juga akan dijualkan oleh pelaku serta korban juga memberikan BPKB, STNK dan kunci mobil Mini Cooper kepada pelaku. Namun saat tersangka ditanyai mengenai penjualan mobil tersebut tersangka selalu beralasan belum laku.

“Selain itu korban juga meminta tolong untuk menjualkan mobil HR-V milik korban akan tetapi saat itu korban hanya memberikan STNK dan kunci. Setelah tiga bulan, korban bertanya tentang penjualan ketiga mobil tersebut namun pelaku selalu beralasan dengan banyak alasan,” jelasnya.

Kemudian pada bulan Desember 2020 tersangka tidak bisa dihubungi dan korban mencari kerumahnya dan diketahui bahwa rumah tersebut dalam keadaan tidak ditempati lagi sedangkan ketiga mobil korban tidak tahu keberadaannya.

Saat itu korban tidak mengetahui bahwa ketiga mobil tersebut sudah berhasil terjual atau belum, untuk pengusutan lebih lanjut korban membuat laporan ke Polsek Batam Kota.

“Menerima laporan korban atas tindak pidana penggelapan dan penipuan dengan dasar 2 laporan polisi, anggota Reskrim Polsek Batam Kota melakukan penyelidikan dan mendapat informasi bahwa pelaku berada di Kota Makasar, Sulawesi Selatan,” katanya.

Lalu Anggota Reskrim Polsek Batam Kota melakukan pengejaran dengan berkoordinasi dengan anggota Kepolisian Polsek Mamajang Polda Sulawesi Selatan, yang akhirnya pelaku berhasil diamankan oleh Anggota Polsek Batam Kota di Kota Makassar Sulawesi Selatan dan Pelaku di bawa ke Batam.

“Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian Rp 280 juta untuk mobil HR-V dan Rp 290 juta untuk mobil Mini Cooper dan mobil Harrier yang masih dalam pencarian,” pungkasnya. (KS15).

Editor : Tedjo