Keprisatu.com – Toyota kembali menggenjot Fortuner, generasi kedua Fortuner lahir awal 2016 dan kembali diminati. Apalagi, reputasinya yang lebih dari 10 tahun, membuat orang percaya untuk memilih Fortuner.

“Saya suka Fortuner, bodynya besar sehingga gagah dikendarai di perkotaan. Tapi, juga handal dibawa ke lapangan untuk meninjau lokasi-lokasi proyek jalan belum diaspal,” ujar Amri, salah seorang warga Batam pecinta Fortuner.

Sebagai strategi pemasaran, Toyota kini menawarkan 8 tipe varian berbeda. Pilihan utama dari mesin: bensin dan diesel, serta sedikit pembeda transmisi. Ada juga pembeda tipe penggerak roda 4×2 dan 4×4.

Nomenklatur SRZ, penanda memakai mesin bensin. Kode mesin 2TR-FE, 4-silinder 2,7 liter dual VVT-i. Sedang VRZ, jadi varian lebih tinggi dengan menggendong mesin turbodiesel 2,4 liter VNT berkode 2GD-FTV.

Jantung mekanis anyar itu, punya performa yang andal dan lebih bertenaga dari mesin sebelumnya. Tambahkan dengan banyaknya fitur dan teknologi yang dibenamkan. Mulai dari lampu LED sampai pintu bagasi elektrik. Fortuner punya penawaran paket yang menggiurkan di segmennya.

Boleh dibilang, Fortuner jadi tulang punggung penjualan Toyota untuk segmen SUV. Pasalnya, mobil yang diproduksi di dalam negeri ini juga jadi model yang diekspor oleh manufaktur ke banyak negara.

Tahun 2019, Fortuner dibenahi khususnya versi TRD Sportivo. Perubahan minor terlihat di bagian aerokit yang diusung. Tidak banyak perubahannya.(*/ted)