Keprisatu.com – Meningkatkan kesadaran dan memberikan edukasi ke masyarakat untuk selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat, Tim Pengabdian Universitas Riau (UNRI) membagikan sabun dan tempat cuci tangan ke masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan di Tanjung Uban Utara, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, itu juga dalam rangka menghambat penyebaran dan penularan virus corona (Covid-19) yang terus meningkat.

Tim Pengabdian UNRI di Tanjung Uban menilai bahwa penularan virus Covid-19 rawan terjadi melalui sentuhan tangan. untuk itu, pihaknya menganjutkan masyarakat untuk membiasakan mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun setiap kali selesai beraktivitas.

Tim Pengabdian UNRI membuat inovasi menggunakan barang-barang tak terpakai untuk membuat tempat cuci tangan. Di antaranya dengan memanfaatkan ember bekas cat tak terpakai yang disulap menjadi tempat cuci tangan, yang sekarang fungsinya sangat penting untuk masyarakat.

Tempat cuci tangan dan sabun cuci tangan ini antara lain dibagikan ke masyarakat di wisata Tanjung Uban Utara. Hal ini mengingat kawasan wisata menjadi salah satu lokasi yang ramai didatangi pengunjung. Sehingga meski sedang berwisata, mereka tetap harus menjaga kebersihan diri, terutama tangan agar tidak menjadi media penyebaran Covid-19.

Beberapa tempat yang awalnya belum memiliki tempat cuci tangan, sekarang sudah memilikinya. Sabunnya pun dibagikan untuk masyarakat agar mereka mencuci tangan setelah beraktivitas di luar rumah. Melalui kegiatan ini, Tim Pengabdian UNRI berharap masyarakat lebih mudah mencuci tangan di manapun mereka beraktivitas, karena selalu tersedia tempat cuci tangan di setiap area. (KS 08)