Ini dia penampakan dua motor gede yang diduga bodong diboyong ke Polresta Barelang

Keprisatu.com – Kota Batam dihebohkan dengan kasus motor gede atau biasa disebut moge. Namun kasus moge ini, bukan tentang pengeroyokan oknum rombongan moge terhadap dua anggota TNI yang kasusnya sampai mengalir ke kepolisian yang terjadi di Sumatera Barat.

Namun kali ini, kasus moge berupa diamankannya 2 Motor Gede (Moge) selundupan di Perumahan Legenda Melaka Blok DD1 No 12 pada hari Sabtu (14/11/20) malam. Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Barelang yang mengungkap kasus itu langsung mengamankan barang yang diduga selundupan bernilai ratusan juta rupiah tersebut.

Polisi tak hanya menyita barang yang diduga illegal tersebut. Bahkan polisi juga mengamankan pemilik barang tersebut berinisial WS. “2 moge yang diamankan ini yakni Kawasaki bertenaga 600 cc dan merk Honda NSR bertenaga 250 cc. Kami juga mengamankan pemiliknya yakni WS dan sudah diambil keterangan,” ujar Kasat Reskrim Polresta Barelang Kompol Andri Kurniawan, Senin (16/11/20).

Keberhasilan Satreskrim Polresta Barelang dalam membongkar praktik penyelundupan Motor Gede (Moge) bekas dari Singapura ke Batam ini tak lepas dari informasi masyarakat.

Dari informasi masyarakat ada paket besar yang ada di rumah pemilik di Legenda Malaka. Polisi melakukan pemeriksaan ternyata itu adalah moge yang sudah dipreteli. Diduga moge ini, tadinya tidak berbentuk motor. Setelah sampai di Batam baru dirakit menjadi sebuah motor.

Menurut Andri  motor itu ditaksir bernilai sebih dari 400 juta rupiah. Saat meminta keterangan sementara dari pemilik, ternyata motor itu tidak dilengkapi dengan dokumen resmi. Bahkan dirumah tersebut, polisi menemukan adanya plat nomor Singapura.

Kasus ini rencananya, kata Andri  akan dilimpahkan ke Bea Cukai, karena 2 motor ini melanggar UU Kepabeanan. “Rencananya,  kami limpahkan ke BC (Bea Cukai) hari ini,” pungkasnya. Untuk melanjutkan pemeriksaan, polisi sudah mengamankan dua moge  . Selain itu pemilik rumah juga sudah dibawa untuk dimintai keterangan. (ks14)

Editor : Tedjo