Proses tersangka dugaan korupsi dikirim ke Rutan Tanjungpinang

Keprisatu.com –  Penahanan terhadap  tersangka  kasus dugaan korupsi pemberian izin tambang bauksit di Bintan, Kepri,  dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Kepri.

Tersangka  adalah dua mantan Kepala Dinas di Pemprov Kepri era Gubernur Nurdin Basirun,  berinisial Am, Kadis ESDM dan inisial AT merupakan DPMPTSP Pemprov Kepri. Mereka  ditahan oleh Kejati Kepri, Rabu (2/9/2020) dan langsung  dijebloskan ke Rutan Tanjungpinang bersama delapan tersangka lainnya.

Ke-10 tersangka disebut ditahan terkait kasus dugaan korupsi pemberian izin penambangan bauksit lebih dari Rp30-an Miliar di Kabupaten Bintan 2017 dan 2018.

Menurut Asisten Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Kepri Wagiyo, penahanan ke-10 tersangka sudah sesuai dan tepenuhinya dua alat bukti. Soal jumlah kerugian, menunggu di persidangan.

Sebenarnya dalam kasus ini ada 12 tersangka, namun dua tersangka tak datang memenuhi panggilan penyidik di Kejati Kepri. Satu tersangka disebut tidak hadir karena sakit. Satunya lagi tanpa keterangan.

Adapun ke-10 tersangka yang sudah diperiksa dari pagi hingga sore kemudian ditahan, mereka adalah Am (50), AT (60), WBW (46), HM (66), Su (51), ER (47), MA (43), Ja (51), Ju (46) dan MAA (41). (ks04)