Keprisatu.com – Gubernur Kepri Ansar Ahmad menargetkan dua kawasan wisata di Kepri akan terbuka untuk turis mulai April 2021. Rencananya Ansar akan segera merapatkannya dengan pihak-pihak terkait membicarakan teknis dan regulasinya.

Pembukaan akses ke kedua kawasan itu dengan catatan para turis hanya masuk ke kawasan wisata dan tidak bersentuhan langsung dengan masyarakat. Kedua kawasan wisata yang akan terbuka untuk wisatawan mancanegara itu adalah kawasan Lagoi di Kabupaten Bintan dan Nongsa Point di Kota Batam.

‘’Jadi nanti turis tidak berafiliasi langsung dengan masyarakat. Kedua kawasan itu adalah kawasan wisata Lagoi di Bintan dan Nongsa Point di Batam,’’ sebut Ansar, Jumat (5/3/2021) di sela memimpin rapat evaluasi perkembangan covid-19 di Kepri, di kantor gubernur Dompak Tanjungpinang.

“Dalam waktu dekat kita rapat masalah ini. Awal April mudah-mudahan sudah bisa kita realisasikan. Kita susun strategi regulasinya dengan baik termasuk dengan pihak karantina,’’ imbuh Ansar.

Setelah Kepri siap, selanjutnya kata Ansar, pihaknya akan membicarakannya dengan pihak Dubes Singapura. ‘’Jika persiapan dan konsep ini sudah siap, baru kita bicarakan rencana ini kepada Menteri Pariwisata,” terang Ansar.

Di sisi lain, Ansar berharap masyarakat Kepri tetap patuh dengan protokol kesehatan, terutama di tempat-tempat masyarakat berkerumun seperti di pasar, hiburan malam, dan sebagainya. Ini supaya kasus covid-19 dapat terus ditekan di mana belakangan ini sudah cenderung menurun di Kepri.

“Rata-rata corona menyebar di tempat-tempat berkumpulnya masyarakat seperti pasar, tempat hiburan, dan keramaian lainnya. Mereka tidak bisa kita batasi, tapi tetap bisa kita kontrol. Kita harus inventarisasi tempat-tempat yang memungkinkan berkumplnya masyarakat. Selanjutnya harus ada petugas di sana yang rutin mengingatkan masyarakat. Saya yakin pekerjaan ini tidak sulit, yang penting komitmen dan konsisten,” pinta Ansar. (ks04).