Abdillah, Ketua KPPAD Kota Batam

Keprisatu.com – Selama Bulan April, Polsek Jajaran Polresta Barelang, berhasil mengungkap 2 kasus pencurian sepeda motor (curanmor). Dua kasus ini, masing masing melibatkan dua pelaku. Mirisnya, keempat pelaku adalah  anak di bawah umur.

BACA JUGA : Miris, Dua ABG Nyolong Motor di Parkiran

BACA JUGA : Lagi, Dua Remaja Nyolong Motor di Parkiran

Ketua Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak (KPPAD) Kota Batam, Abdillah mengapresiasi gerak cepat yang dilakukan polisi. Karena dengan demikian, bisa menekan angka kriminalitas.

Namun dibalik prestasi gemilang kepolisian, Abdillah juga merasa prihatin atas perilaku  anak anak remaja tersebut. “Kami sangat prihatin atas perilaku  anak anak remaja yang sudah berulang-ulang melakukan tindak pidana,” ujar Abdillah Minggu (25/4/2021).

Meskipun demikian, Abdi mengatakan, KPPAD Kota Batam tetap akan melakukan pengawasan untuk memastikan anak mendapatkan haknya sebagai anak yang berkonflik dengan hukum (ABH).

Abdi menjelaskan untuk mendapatkan hak sebagai ABH yaitu anak yang yang telah berumur 12 tahun tetapi belum berumur 18 tahun yang diduga melakukan tindak pidana.

“Kami akan melakukan kroscek terlebih dahulu dan selanjutnya menelaah hak-hak apa saja yang dapat kami advokasi sesuai dengan statusnya sebagai ABH,” katanya.

Abdi juga menjelaskan Faktor penyebab terjadinya anak melakukan tindak pidana diantaranya adalah faktor ekonomi, lingkungan dan kelalaian para orang tua dalam
mendidik anak.

“Jadi orang tua seyogyanya bertanggung jawab penuh untuk mendidik anak agar tidak melakukan perbuatan tindak pidana,” pungkasnya. (KS15)

Editor : Tedjo