Duet pelaku begal ini tega merampas barang barang milik korban yang baru saja diajak kenalan

Keprisatu.com – Tim Opsnal Jatanras Subdit 3 Ditreskrimum Polda Kepri lumpuhkan dua orang begal yakni  Okta (28) dan  Rza (22). Keduanya ditangkap pada Senin (15/3/21), berdasarkan Laporan Poisi di Polsek Batam Kota pada 14 Maret 2021.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Kepri Kombes Pol Arie Dharmanto mengatakan, kronologis kejadian ini yakni pada tanggal 11 Maret 2021 pelaku Okta berkenalan dengan korban melalui aplikasi sosial media Tantan. Kemudian pada tanggal 13 Maret 2021 sekira pukul 20.00 WIB Okta memberitahu Reza bahwa ia akan mengajak korban jalan jalan.

“Kemudian pada saat itu Reza mengajak Okta untuk mengambil hp dan barang milik korban saat Okta mengajak korban jalan jalan, dan Okta menyetujui rencana tersebut,” ujar Arie Selasa (16/3/21).

Kemudian sekira pukul 21.00 WIB, korban dijemput oleh Okta yang mana Reza telah mengikuti dari belakang. Setibanya di Danau belakang Graha Pena, saat korban hendak turun dari motor, dari belakang Reza langsung membekap mulut korban, mencekik leher korban menarik korban hingga korban terjatuh ke tanah.

“Kemudian dalam posisi terbaring di tanah kepala korban ditekan Aulia Reza yang berusaha untuk mengambil hp dan tas milik korban yang digenggam oleh korban sampai korban mengalami kencing di celana, korban berusaha melawan dengan menggigit kaki Reza namun berhasil merampas hp dan tas dari tangan korban,” katanya.

Setelah itu kedua pelaku melarikan diri membawa barang milik korban menggunakan sepeda motornya. Selanjutnya, pada Senin (15/3/21) berawal dari informasi masyarakat bahwa ada seseorang yang akan teransaksi penjualan hp merk Oppo Reno 4F warna hijau menggunkan casing warna hitam yang mana hp tersebut mirip dengan hp milik korban.

“Kemudian sekira pukul 15.00 WIB, tim langsung menuju ke Hotel Pelita In yang beralamat di daerah Nagoya dan melihat Reza sedang duduk di lobby hotel kemudian tim langsung melakukan penangkapan,” bebernya.

Pada saat dilakukan penggeledehan didapati hp merk Oppo Reno 4F warna Hijau dengan casing warna hitam di selipkan di dompet panjang warna cokelat milik Reza.

Kemudian melakukan introgasi kepada pelaku yang mana Reza mengakui melakukan telah melakukan pencurian dengan kekerasan terhadap 1 orang wanita kenalan tersangka Okta.

“Kemudian saat tim akan melakukan pengembangan, terlihat Okta sedang memarkirkan motor di ujung parkiran di ruko Komplek Wira Mustika dibelakang Hotel Pelita In Nagoya,” imbuhnya.

Kedua pelaku mengakui perbuatannya dan barang bukti berupa tas dan dompet milik korban telah dibuang di daerah pembuangan sampah Kampung Aceh. Selanjutnya tim melakukan pencarian terhadap barang bukti.

“Namun pada saat tim opsnal melakukan pencarian, pelaku berusaha melarikan diri dengan melawan petugas sehingga tim opsnal memberikan tindakan tegas terukur dengan melumpuhkan ke arah kaki pelaku,” katanya.

Adapun barang bukti buang diamankan yakni 1 unit sepeda motor merk Yamaha Jupiter Z warna hijau BP 4130 GH, 1 unit sepeda motor merk Honda Beat warna merah BP 3586 MG, 1 unit hp Oppo Reno 4F warna biru casing warna hitam, 1 buah Tas selempang warna hijau merk Chibao, 1 buah kalung emas milik korban dan 1 unit Handphone Oppo milik pelaku.

“Pelaku dan barang bukti langsung dibawa ke Ditreskrimum Polda Kepri untuk penyidikan lebih lanjut,” pungkasnya. (KS14)

Editor : Tedjo