Dirlantas Polda Kepri Kombes Pol Mujiono bersama Dir Samapta Kombes Pol Syarif Rahman

Keprisatu.com –  Dirlantas Polda Kepri Kombes Pol Mujiono telah membuat Pilot Project (Proyek Percontohan), berbasis informasi keamanan lalu lintas di Kota Batam. Dia mengatakan program keamanan lalu lintas ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam berlalu lintas.

Program ini juga mendapatkan dukungan dari pemerintahan, Jasa Raharja serta stake holder lainnya yang berhubungan dengan lalu lintas. Dimana Pilot Project ini nantinya diharapkan akan menjadi warning bagi pengendara yang ingin bepergian ke suatu tempat, sehingga pengendara itu bisa meningkatkan kewaspadaan sebelum pergi ketempat tujuan.

“Jadi ini merupakan proyek jangka panjang dan menurut saya ini program yang bagus walaupun mahal sepertinya aplikasi ini,” ujarnya saat memperkenalkan programnya itu di RTMC Polda Kepri, Selasa (18/11/20) sore.

Menurutnya, proyek ini digunakan untuk mencegah kecelakaan melalui traffic analitic before accident yakni menggunakan aplikasi ataupun di media sosial. Pada program ini, nantinya para pengendara bisa melihat kondisi jalan ke tempat yang akan dituju.

“Jadi, Saya berharap pada proyek jangka panjang ini, setiap Polres nantinya bisa menerapkan proyek ini,” katanya.

Dia menjelaskan, misalnya ada 5 Polres yang menyebarkan informasi ini minimal di media sosial. Ini membuat masyarakat bisa tahu kalau misalnya di Tanjakan Bismilah di jalan mau ke Galang itu sebelahnya ada jurang.

“Tujuannya agar mainseatnya itu sudah berhati-hati duluan sebelum ke tempat tujuan,” imbuhnya. Dia berharap, agar ini bisa diterapkan oleh setiap Polres yang ada di wilayah Kepri untuk mengantisipasi adanya kecelakaan.

Dimana untuk sementara ini masih memanfaatkan media sosial. “Tapi nanti kalau bisa kita akan mencoba gabung ke google map,” pungkasnya. (ks14) 

Editor : Tedjo