Ilustrasi: Motor Sport Norton, V4 RR. (NortonMotorcycles)

Keprisatu.com – Era kejayaan Norton sebagai merek Inggris tampaknya telah berakhir. Pasalnya, merek motor legendaris asal Britania Raya itu kini telah diakuisisi atau dicaplok oleh perusahaan otomotif asal India, TVS.

TVS Motor Company secara resmi mengumumkan akuisisi itu dan kini telah menjadi bagian dari asetnya. Kekayaan intelektual Norton dimasukkan dalam kesepakatan yang secara teknis memberi TVS keleluasaan mengoptimalkan sumber daya yang ada di Norton.

Jadi apa yang akan dilakukan TVS dengan Norton dan motornya? Jawaban sederhana, sama sekali tidak ada. Laman Media India, Car and Bike, dalam wawancara dengan Direktur Pelaksana Gabungan Perusahaan Motor TVS Sudarshan Venu seperti dikutip JawaPos.com pada Minggu (26/4) mengungkapkan langkah terbaru perusahaan setelah proses akuisisi Norton tuntas.

Venu mengungkapkan rencana terbaru TVS untuk pengembangan Norton ke depannya. Diantaranya, mempertahankan unit produksi Norton di Inggris, meskipun tidak lagi dilakukan di Donington Hall. Disebutkan bahwa peralihan kepemilikan perusahaan itu tak membuat karyawannya mundur.

Sebagian besar staf yang ada (desainer, insinyur, pekerja lini produksi dikurangi mantan manajer) akan tetap mempertahankan pekerjaan mereka.

“Tim desain dan tim perakitan yang kuat akan mendatangi kami, dan kami akan berupaya memanfaatkan kekuatan mereka dan bekerja bersama mereka untuk menghasilkan lebih banyak sepeda dari merek bertingkat ini. Di Eropa, lokasi berada di Derby, di Donington Hall. Kami akan segera pindah ke lokasi baru lainnya, di wilayah yang sama,” ujar Venu.

Dia melanjutkan, idenya adalah untuk melanjutkan dengan tim yang sangat berbakat ini untuk mendapatkan merek kembali ke kejayaan aslinya, dan membawanya ke masa depan.

Meskipun memiliki keahlian dalam sepeda motor kecil yang terjangkau yang diproduksi secara massal, TVS tidak memiliki niat untuk menerapkan modelnya ke Norton. Merek legendaris itu akan tetap premium dan akan terus memproduksi sepeda motor ukuran sedang hingga besar. Bahkan menurut TVS, perusahaan akan tetap mengembangkan motor khas Norton yang dikembangkan pada platform 650, 961, dan V4 yang ada.

Sumber: Jawapos