Ketua Asosiasi Pariwisata Bahari (Aspabri) Provinsi Kepri, Surya Wijaya.

Keprisatu.com – Banyak destinasi wisata di Batam dan Bintam rawan menjadi tempat penularan corona. Saat pengunjung masuk destinasi masih memakai masker namun setelah di dalam banyak yang tidak sesuai protokol kesehatan.

Kepada Keprisatu.com, Ketua Asosiasi Pariwisata Bahari (Aspabri) Kepri Surya Wijaya mengatakan hal itu, Kamis (4/9/2020).

Menurut Surya, kerawanan itu sudah diamati oleh Aspabri sejak diberlakukannya new normal (kebiasaan baru).

“Masih banyak di tempat wisata yang pengunjungnya masuk memakai masker tapi setelah itu dibuka. Kok dibuka? Tidak sesuai lagi dengan SOP (standar operasional prosedur),” ungkap Surya.

Penerapan kebiasaan baru tanpa sosialisasi dan edukasi yang baik dinilai bisa menimbulkan kerawanan bagi destinasi wisata.

“Pentingnya perhatian terhadap soal ini, Aspabri sendiri sedang menggagas diadakannya edukasi yang bersifat khusus pariwisata,” papar Surya.

Aspabri Kepri akan menggandeng dinas kesehatan dan dinas pariwisata untuk edukasi tentang pencegahan Covid-19 Goes to Destinasi Wisata. Edukasi yang dibuat, yaitu dengan caranya orangnya pariwisata agar masyarakat senang menerimanya.

“Mudah-mudahan inisiatif ini nanti didukung penuh oleh dinas-dinas terkait yang ada,” sambung Surya. (KS 04)