Ilustrasi sholat subuh berjamaah (F republika)

Keprisatu.com Sholat merupakan rukun Islam kedua setelah bersyahadat. Sebagai seorang Muslim hendaknya taat dan istiqamah dalam menjalankan sholat.

Namun sebagai seorang manusia terkadang manusia suka lalai termasuk dalam menjalankan sholat. Terutama untuk menjalankan sholat subuh biasanya karena bangun terlambat.

Namun jika Muslim memahami pentingnya sholat subuh maka pasti banyak orang yang akan terus menjalankannya. Rasulullah SAW bersabda:

إنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ علَى المُنَافِقِينَ صَلَاةُ العِشَاءِ، وَصَلَاةُ الفَجْرِ، ولو يَعْلَمُونَ ما فِيهِما لأَتَوْهُما ولو حَبْوًا

“Sesungguhnya sholat yang paling berat bagi seorang munafik adalah sholat isya’ dan sholat subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya sekalipun dengan merangkak.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Sholat Subuh memiliki beberapa rahasia yang jika kita konsisten menjalankannya maka akan mendapat keberkahannya.

Pertama, sholat Subuh disaksikan malaikat. Dalam alquran Al-Isra ayat 78 dijelaskan:

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

“Laksanakanlah salat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula sholat) Subuh. Sungguh, sholat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat).”

Mengomentari ayat tersebut, Abu Bakar Ibn al-Araby mengatakan bahwa, Allah SWT mengistimewakan sholat Subuh dari keseluruhan sholat. Inilah mengapa dalam ayat tersebut Allah bersumpah atas waktu Subuh.

Kedua, sholat Subuh setara dengan sholat sepanjang malam. Ketiga, selalu dalam lindungan Allah SWT dan Allah telah menjaminnya.

Keempat, orang yang melaksanakan sholat Subuh termasuk dalam kelompok yang wajahnya bercahaya saat di Hari Kiamat. Sholat Subuh merupakan sumber dari segala sumber cahaya di hari kiamat. Di hari itu, semua sumber cahaya di dunia akan padam. Matahari akan “digulung”. Ibadahlah yang akan menerangi pelakunya.

Kelima,  orang yang sholat dijamin dapat masuk surga. Dalam hadits Rasulullah SAW riwayat Abu Musa Al-Asy’ari disebutkan:

مَن صَلَّى البَرْدَيْنِ دَخَلَ الجَنَّةَ 

“Barangsiapa yang sholat dua waktu yang dingin maka akan masuk surga.” (HR Al Bukhari). Dua waktu yang dingin itu adalah sholat Subuh dan sholat Ashar.

Keeenam, disebutkan secara terhormat oleh para malaikat dengan meninggikan nama-nama orang yang sholat Subuh kepada Allah SWT.

Ketujuh,  Allah SWT kelak akan memberikan pahala yang melebihi keindahan dunia dan isinya, sebagaimana telah disebutkan dalam satu riwayat Imam at-Turmudzi: ”Dari Aisyah ra telah bersabda Rasulullah SAW:

رَكْعَتَا الفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَما فِيهَا

“Dua rakat sholat Fajar pahalanya lebih indah dari pada dunia dan isinya.”

Kedelapan, Mendapat keberkahan. Sholat subuh adalah bentuk dari bangun di waktu pagi. Sementara waktu pagi adalah waktu penuh keberkahan.

اللهم بارِكْ لأمتي في بكورها، وكان إذا بعث سَرِيَّةً أو جيشًا بعثهم أولَ النهارِ، قال : وكان صخرٌ تاجرًا فكان يبعثُ في تجارتِه أولَ النهارِ فأثْرَى وكثُرَ مالُه

Dari Sokhr Bin Wida’ah Al-Ghamidy, bahwa Rasulullah bersabda, “Ya Allah Berkahi Umatku di waktu paginya.” Oleh karenanya kebiasaan Nabi jika mengutus pasukan perang, beliau utus di pagi hari.” Dan sahabat Sokhr Alghamidy adalah seorang pedagang, maka beliau mengirim atau membuka dagangannya di pagi hari. Akhirnya beliau menjadi kaya dan banyak harta.

Sumber: Mawdoo3

Artikel ini sudah terbit di Republika.co.id dengan judul : 8 Rahasia Sholat Subuh yang Kerap Terlewatkan Umat Islam