Geoffany Bintang Barlean (17 tahun) berpasangan dengan navigator Anondo Eko , berhasil memenagi kejuaraan

Keprisatu.com – Event reli yang digadang-gadang Geoffany Bintang Barlean (17 tahun) akhirnya kesampaian juga. Berpasangan dengan navigator Anondo Eko yang juga Ketua IMI DKI Jakarta, Bintang berkiprah di ajang Kejurnas Danau Toba Rally 2021, 10-12 Desember kemarin.

Gokilnya, pada debut pertamanya di speed rally tersebut, Bintang sempat membuat kejutan sebelum Subaru WRX yang dikendarainya mengalami beberapa trouble.

Misalnya, pada SS (Special Stage) 4 putaran 1, pelajar kelas 3 SMA Home Schooling Global Lentera Kasih Batam, Kepulauan Riau ini mencetak waktu tercepat ke-2 dengan 8:45.6 menit.

Namun setelah itu, putra pereli dan offroader senior Frans XB mengalami arm belakang kanan bengkok. Tak hanya itu, Bintang dengan julukan “anak ajaib” ini mengalami 4 kali pecah ban.

“Total 3 kali pecah ban di putaran 1 hari Sabtu, 1 kali pecah ban di putaran 2 hari Minggu serta sempat terbalik di putaran 2. Lintasannya memang sangat menantang dan cukup berat,” ungkap Anondo Eko, sang navigator, dikutip dari mobilinanews.com.

Nyatanya, tidak hanya Bintang yang mengalami kendala. Pereli lain juga merasakan hal sama. Apalagi memang sudah 2 tahun tidak ada reli, serta SS di Sumatera utara memiliki karakter tersendiri. Seperti diketahui, pada 1996 dan 1997, Sumatera Utara pernah menjadi penyelenggara World Rally Championship.

“Enak banget, om. Enakan rally sih kalau dikomparasi dengan sprint rally. Kalau rally, puas nge-gassnya. Trus juga kita jaga ritme. Nggak bisa pol-polan dari awal. Jadi harus lebih santai jaga ritme biar finish,” ungkap Bintang kepada mobilinanews.

“Kalau di rally, finish aja udah puas. Puji Tuhan, dikasih podium ke-1 Non-Seeded di 2 seri berturut-turut di Kejurnas Danau Toba Rally 2021,” senyum Bintang Barlean. Sedangkan di kejuaraan umum, juara 7 putaran 1 dan juara 8 putaran 2.

“Namanya rally tergantung nasib juga, om. Kita nggak ada yang tahu pas ngejalanin SS bakalan mulus apa nggak. Iya, ini beneran rally pertama saya, seruu abisss mantap lh pokoknya,” lanjut Bintang Barlean.

Nama Bintang Barlean menggema di ajang Kejurnas Danau Toba Rally 2021. Dalam pantauan video di beberapa instagram komunitas rally, nama Bintang dielu-elukan penonton di areal perkebunan yang dipakai SS.

Selain Bintang, tentu nama Sean Gelael juga mendapat sambutan hangat penonton reli di kawasan Danau Toba yang umumnya sangat familiar dengan reli.

Sebelumnya, Bintang dikenal sebagai pembalap speed offroad dan sprint rally, dengan prestasi membanggakan.

Sementara itu, sang ayah Fransiscus XB dengan navigator Tossy Iman yang turun dengan kendaraan jeep juga berhasil meraih juara 2 di kelas J3 putaran 1 Kejurnas Danau Toba Rally 2021.

Atas talenta besar dan kiprahnya yang gemilang tersebut, Bintang yang baru saja berulang tahun ke-17, langsung dilirik sponsor. Yakni pelumas Shell Helix yang logo dan livery-nya membranding mobil Subaru WRX andalan Bintang Barlean di ajang Kejurnas Rally 2021.

“Puji Tuhan, rupanya ada produsen pelumas global yang memperhatikan kiprah Bintang di ajang motorsport. Dengan adanya sponsor Shell, menjadi tantangan dan sekaligus tanggung jawab bagi Bintang untuk do the best di ajang reli,” harap Frans Barlean, ayahanda tercinta. (KS03)

Editor : Tedjo