Data update virus corona (Covid-19) Kota Batam per 1 Juli 2020.

Keprisatu.com – Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam merilis dua tambahan kasus baru pasien terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19), Rabu (1/7/2020). Salah satu pasien adalah seorang kru kapal atau pelaut berinisial Tn.MHS (37).

Warga Perumahan Putri Tujuh Sentosa, Kelurahan Kibing, Kecamatan Batuaji ini diketahui reaktif saat memeriksakan diri ke RS Awal Bros Batam pada 24 Juni lalu. Pemeriksaan rapid tes secara mandiri itu diperlukan guna melengkapi persyaratan penerbangan ke Jakarta untuk memenuhi panggilan tempatnya bekerja.

“Sehubungan dengan hasil pemeriksaan RDT tersebut, oleh Puskesmas Batuaji sesuai dengan wilayah tempat tinggalnya, ditindaklanjuti dengan pengambilan swab tenggorokan pada tanggal 27 Juni 2020 yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi positif,” sebuat Ketua Gugus Tugas Covid-19 Batam, Rudi dalam keterangan tertulisnya.

Sedangkan pasien kedua terkonfirmasi positif Covid-19 adalah laki-laki berinisial Tn.EY (29). Karyawan lokal di perusahaan plastik di Kabil ini tinggal di Kavling Senjulung, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa.

Yang bersangkutan merupakan kakak kandung dari terkonfirmasi kasus nomor 215 serta rekan sekerja dari terkonfirmasi pPositif nomor 204 yang merupakan kasus pertama yang ditemukan dari kluster PT. FCS Kabil. Mengingat yang bersangkutan merupakan closes contact primer dari kasus adiknya tersebut maka pada tanggal 27 Juni 2020 dilanjutkan dengan pemeriksaan Swab Tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi positif.

“Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini sedang dalam persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam,” sebut Rudi. (KS 08)